PENGARUH PENGGUNAAN METODE YANBU’A TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL MUTTAQIN MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifah, Nurul (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE YANBU’A TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL MUTTAQIN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Salah satu metode pembelajaran al-Qur’an adalah metode yanbu’a. Metode ini digunakan untuk membantu peserta didik dalam membaca al-Qur’an. Metode yanbu’a tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangan. Penulis terdorong untuk mengadakan penelitian mengenai pengaruh penggunaan metode yanbu’a dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Baitul Muttaqin Mojokerto.
Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain : 1) apa pengertian dari metode yanbu’a. 2) bagaimana penggunaan metode yanbu’a dalam pembelajaran BTQ di TPQ Baitul Muttaqin Mojokerto. 3) bagaimana pengaruh penggunaan metode yanbu’a terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Baitul Muttaqin Mojokerto.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, interview, dokumentasi, serta angket. Dan untuk metode analisisnya metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yakni metode yang menggunakan rumus-rumus statistik yang sesuai dengan permasalahan yang ada. Karena penelitian ini berusaha untuk mmgetahui pengaruh antara penggunaan metode yanbu’a dan kemampuan membaca santri, maka sesuai dengan rumus statistic menggunakan rumus regresi linier..
Dan hasil penelitian diperoleh Fhitung sebesar 14, 845 dengan signifikansi 0,005 sedangkan Ftabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel 4,20. Perbandingan antara keduanya menghasilkan Fhitung > Ftabel atau 14,845 > 4,20 dengan signifikansi (0,005) < α (0,5). Dengan demikian penguji menunjukkan menerima Ha.
Artinya penggunaan metode yanbu’a terhadap peningkatan kemampuan membaca al- Qur’an di TPQ Baitul Muttaqin Mojokerto mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Metode yanbu’a; al-Qur’an; tahfidz;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:12
Last Modified: 17 Jun 2016 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6863

Actions (login required)

View Item View Item