Peran PCNU dalam mencegah potensi intoleransi beragama di Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'Arif, Ahmad Syamsul (2023) Peran PCNU dalam mencegah potensi intoleransi beragama di Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Syamsul Ma'Arif_I01219004.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ahmad Syamsul Ma'Arif_I01219004_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Fokus kajian ini menganalisis peran yang dilakukan PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’) Magetan di mayarakat Magetan dalam rangka pencegahan intoleransi, faktor-faktor apa yang menjadi penhambat dan pendukung dalam melakukan pencegahan intoleransi beragama di Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi, wawancara. Sumber data primernya adalah PCNU Kabupaten Magetan dalam mencegah potensi intoleransi beragama di Magetan. Sumber data sekundernya antara lain buku, skripsi, jurnal dan sebagainya yang berkaitan dengan PCNU Kabupaten Magetan dalam mencegah potensi intoleransi beragama di Magetan yang dikaji lebih dalam menggunakan teori Contentious Politik beserta teori Struktural Fungsional danAGIL Talcott Parsons. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa Peran PCNU Kabupaten Magetan dalam menanggani ketengangan (contentious) di masyakarat tentang isu-isu intoleransi beragama dan juga dalam bentuk gerakan social yang dilakukan PCNU Kabupaten Magetan, yang selanjutnya PCNU Magetan melakukan adaptasi dalam beberapa kegiatan sosial masyarakat dan keagamaan yaitu dengan sering mengadakan kegiatan atau mendapat undangan untuk berbagi ilmu, yaitu dengan mengadakan perkumpulan dengan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), mengadakan workshop tentang bahaya radikalisme, mengadakan pengajian rutin ahad pagi, dsb. Pencapaian tujuan dalam mencegah potensi intoleransi beragama salah satunya dengan tindakan sosial yang mengarah pada terciptanya kerukunan antar umat beragama seperti bersilaturahmi kepada orma-ormas yang lain dan juga umat agama yang lain. Proses integrasinya yaitu dengan melakukan kerjasama antara satu organisasi dengan organisasi yang lain tetapi dengan memiliki tema yang sama agar lebih banyak jejaring juga dan salah satunya juga meringankan dana. Pemeliharaan pola yang dilakukan yaitu dengan cara menjaga kerukunan antar umat beragama karena itu PCNU Kabupaten Magetan membuka diri agar upaya pemeliharaan komunikasi dapat dilakukan demi mencapai keharmonisan, dan selanjutnya saling memperbaiki satu sama lain dimana ketika terjadi suatu konflik yang mengatasnamakan umat beragama yang bisa menimbulkan perpecahan, upaya memperbaiki juga merupakan upaya yang tidak kalah penting. Karena itu banyak faktor pendukung dan penghambat PCNU Kabupaten Magetan untuk melakukan suatu kegiatan seperti faktor penghambatnya dari sumber pendanaan, keterbatasan waktu, dan media sosial. Dan faktor pendukung antara lain leadership, kepengurusan, dan media sosial. Dari banyak faktor pendukung dan penghambat itu bukan faktor untuk pengurus PCNU Kabupaten Magetan untuk berhenti melakukan sebuah tugasnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'Arif, Ahmad Syamsulasyamsulmaarif19@gmail.comI01219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh. Ilyasilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Ideologi Politik
Politik > Politik Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: PCNU kabupaten Magetan; intoleransi beragama
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Ahmad Syamsul Ma'Arif
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:37
Last Modified: 28 Feb 2024 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68633

Actions (login required)

View Item View Item