Tinjauan fiqh siyasah terhadap ujaran kebencian di media sosial dengan konten politik: studi kasus Rocky Gerung tentang penghinaan Joko Widodo pada pembangunan IKN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adji, Laksito (2023) Tinjauan fiqh siyasah terhadap ujaran kebencian di media sosial dengan konten politik: studi kasus Rocky Gerung tentang penghinaan Joko Widodo pada pembangunan IKN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laksito Adji_10420008 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Laksito Adji_10420008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin membuat masyarakat mendapatkan ataupun memberikan informasi di media sosial sangatlah mudah, terutama platform digital yang bisa mengarahkan kita komunikasi dua arah. Demikian juga dalam kasus yang hangat di kalangan politik tentang kritikan atau ujaran kebencian pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Skripsi ini berjudul “Tinjauan Siyasah Terhadap Ujaran Kebencian di Media Sosial Dengan Konten Politik (Studi Kasus Rocky Gerung Tentang Penghinaan Joko Widodo Pada Pembanguan IKN)” untuk menjawab apa yang di maksud ujaran kebencian di media sosial dengan konten politik dan bagaimana fiqh siyāsah mengatur atau memberikan panduan terkait ujaran kebencian dalam konteks politik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penilitian empiris, sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan studi kasus yang di padukan dengan menggunakan bahan hukum yang di ambil dari metode kepustakaan. Sehingga diharapkan mendapatkan hasil yang sesuai Hasil penelitian ini menunnjukan bahwa: pertama, Penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang perspektif fiqh (hukum Islam) dan siyāsah (ilmu pemerintahan) terhadap isu ujaran kebencian di media sosial. Hal ini dapat membantu memperkaya pemahaman tentang aspek agama dan politik yang terlibat dalam masalah ini. Kedua, Penelitian ini dapat memberikan panduan praktis bagi pembuat kebijakan dalam merumuskan kebijakan yang efektif untuk mengatasi ujaran kebencian di media sosial yang dipengaruhi oleh dinamika kepentingan politik. Hasil penelitian dapat memberikan wawasan tentang pendekatan yang tepat, langkah-langkah yang perlu diambil, dan instrumen hukum yang dapat digunakan untuk membatasi dan mengendalikan ujaran kebencian dalam konteks politik. Saran bagi masyarakat atau penduduk Negara Republik Indonesia agar menggunakan media sosial dengan bijak agar tidak menimbulkan perseliaihan antar masyarakat maupun lembaga terkait, kemudian agar dapat membedakan mana yang bersifat kritik dan mana yang bersifat kebencian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adji, Laksito05010420008@student.uinsby.ac.id05010420008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRojak, Jeje Abduljejerozaq@yahoo.com2015106401
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Internet
Keywords: Fiqh siyasah; kebencian di media sosial; konten politik; penghinaan Joko Widodo
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: LAKSITO ADJI
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:31
Last Modified: 04 Mar 2024 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68656

Actions (login required)

View Item View Item