تحليل مواد تعليم اللغة العربية في ضوء التربية المتعددة الثقافة في كتاب اللغة العربية للفصل الثاني عشر الثانوي (الدراسة المقارنة)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirurrosi, Khoirurrosi (2023) تحليل مواد تعليم اللغة العربية في ضوء التربية المتعددة الثقافة في كتاب اللغة العربية للفصل الثاني عشر الثانوي (الدراسة المقارنة). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirurrosi_02040922020 OK.pdf

Download (706kB)
[img] Text
Khoirurrosi_02040922020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahan ajar yang terdapat dalam buku bahasa Arab kelas XII cetakan KEMENAG dan Toha Putra Semarang dengan mempertimbangkan sudut pandang multikultural. Kajian ini dilakukan dengan memeriksa sejauh mana materi pembelajaran mencerminkan keberagaman budaya, serta sejauh mana buku tersebut mendukung pemahaman konsep multikulturalisme dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melibatkan teori pendidikan multikultural Jams A.banks sebagai alat untuk menganalisis konten terhadap buku bahasa Arab yang digunakan pada kelas XII. Penelitian ini fokus pada identifikasi konten yang mencakup nilai-nilai, tradisi, dan pandangan hidup yang mencerminkan keberagaman budaya. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi apakah bahan ajar tersebut mengintegrasikan aspek-aspek multikulturalisme dalam pembelajaran bahasa Arab, seperti memasukkan konten budaya yang relevan, memperkenalkan variasi dialek, dan memahami keberagaman budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa buku yang diterbitkan oleh Kemenag lebih banyak mengandung unsur pendidikan multikultural yaitu sebanyak enam unsur, sedangkan pada buku yang diterbitkan Toha Putra Semarang hanya terdiri dari 3 unsur. Dengan demikian buku bahasa arab kelas XII yang diterbitkan kemenag lebih relevan daripada Toha Putra Semarang dalam sudut pandang pendidikan multikultural. Adanya penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan bahan ajar yang lebih inklusif dan multikultural dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan memperhitungkan keberagaman siswa, buku bahasa Arab dapat menjadi sarana yang lebih efektif untuk mempromosikan pemahaman antarbudaya dan toleransi dalam konteks pendidikan. Dengan demikian, penelitian ini memiliki potensi untuk membuka wawasan baru dalam pengembangan kurikulum bahasa Arab yang lebih relevan dengan realitas multikultural masyarakat saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirurrosi, Khoirurrosikhoirurrosi13@gmail.com02040922020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisnullahhuda@uinsby.ac.id2007017001
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Kebudayaan
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Pendidikan multikultural; Bahan ajar bahasa arab; jams A.banks
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khoirurrosi Khoirurrosi
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:35
Last Modified: 29 Feb 2024 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68668

Actions (login required)

View Item View Item