Pengaruh penerapan green product, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada klinik kecantikan Najmina Beautycare

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Laila Nova (2024) Pengaruh penerapan green product, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada klinik kecantikan Najmina Beautycare. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Nova Safitri_08020320045 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Laila Nova Safitri_08020320045.pdf

Download (4MB)

Abstract

Belakangan sekarang ini banyak masyarakat mulai sadar akan lingkungan setelah terjadi banyaknya kerusakan lingkungan yang sedang berlangsung. Konsumen akan menjadi sangat cerdas tentang keterbatasan, kesehatan dan kehancuran sumber daya alam bumi yang ada di lingkungan sekitar, sehingga mereka mulai mencari produk yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Penggunaan bahan alami ini seperti yang di maksud yaitu produk yang dihasilkan itu aman dan tidak berbahaya bagi lingkungan, sehingga dapat mempertahankan konsumen yang sudah ada serta dapat menarik konsumen baru, perusahaan harus menggunakan strategi khusus untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh green product, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan menggunakan kepuasan pelanggan sebagai variable intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam peelitian ini adalah pelanggan klinik kecantikan Najmina Beautycare. Sampel yang diambil dengan teknik purposiivei sampliing. Jumlah responden sebanyak 116 orang dengan kriteria yang telah ditetapkan. Data dikumpulkan denganmenggunakan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan uji secara langsung bahwa green product dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil uji mediasi atau secara tidak langsung mendapati hasil bahwa green product melalui kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan kualitas pelayanan melalui kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada klinik kecantikan Najmina Beautycare. Saran bagi perusahaan untuk tetap mempertahankan green product untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Perusahaan juga harus mampu menaikkan kualitas pelayanan yang bertujuan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk Mengeksplorasi lebih jauh mengenai green product dan kualitas pelayanan pada perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Laila Novalailnovvv23@gmail.com08020320045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id19861312201903009
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Keywords: Green product; kualitas pelayanan; kepuasan pelanggan; loyalitas pelanggan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Laila Nova Safitri
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:46
Last Modified: 29 Feb 2024 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68669

Actions (login required)

View Item View Item