Mobilisasi Politik Etnis Menjelang Pemilihan Umum 2024: studi tentang masyarakat pendatang dan pribumi di Pemilihan Legislatif Lampung Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Witono, Witono (2023) Mobilisasi Politik Etnis Menjelang Pemilihan Umum 2024: studi tentang masyarakat pendatang dan pribumi di Pemilihan Legislatif Lampung Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Witono_I71219064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Witono_I71219064 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitiaan ini berawal dari ketertarikan peneliti melihat mobilisasi politik etnis di Lampung Timur, khususnya dalam menyikapi dinamika politik menjelang Pemilihan Umum 2024. Daerah ini, yang sering disebut sebagai miniatur Indonesia, menampilkan keragaman etnis yang melibatkan masyarakat pendatang Jawa dan masyarakat pribumi Lampung. Dalam studi politik identitas etnis masyarakat pendatang menjadi kelompok etnis atau minoritas etnis yang tidak memiliki teritori sendiri yang tujuannya untuk pencarian proteksi dan kemajuan bagi kelompoknya serta kebebasan berekspresi dan bersosialisasi. Dalam konteks ini, kelompok minoritas menjadi subordinat kelompok mayoritas yang mendominasi sosialitas hubungan. Namun, situasinya berbeda di Lampung Timur, di mana masyarakat pendatang justru memegang peran dominan, terutama dalam ranah politik. Hal ini menciptakan paradoks unik di mana masyarakat pendatang, yang umumnya diidentifikasi sebagai kelompok minoritas, berhasil mencapai dominasi politik dalam struktur sosial Lampung Timur. Dalam konteks inilah pula mobilisasi politik etnis menjadi fenomena yang perlu dicermati, karena dapat berpengaruh signifikan terhadap dinamika politik lokal dan membentuk pilihan politik masyarakat di masa mendatang. Penelitian ini fokus pada dinamika mobilisasi politik etnis menjelang Pemilihan Umum 2024 di Lampung Timur, dengan meneliti secara khusus masyarakat pendatang Jawa dan pribumi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi politik etnis, pola dukungan terhadap calon, serta strategi mobilisasi yang digunakan oleh kedua kelompok etnis dalam konteks politik lokal. Metode penelitian ini menggabungkan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Temuan penelitian menyoroti peran signifikan identitas etnis dalam membentuk preferensi politik dan memengaruhi interaksi antara masyarakat pendatang Jawa dan pribumi Lampung. Analisis ini mencakup pola kerjasama dan konflik, serta strategi spesifik yang digunakan oleh kelompok etnis untuk memobilisasi dukungan politik. Hasil penelitian ini menyoroti praktik politik etnis yang terus berkembang di Lampung Timur, di mana para calon legislatif menggunakan simbolisasi etnis saat kampanye. Kesamaan latar belakang etnis dianggap sebagai alasan istimewa untuk memilih calon tertentu tanpa mempertimbangkan kualitas dan visi misi. Praktik ini menimbulkan risiko merosotnya kualitas demokrasi dan pembangunan daerah akibat terpilihnya pemimpin berdasarkan identitas daripada kualifikasi dan kapabilitas kepemimpinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Witono, Witonowitonomahad14@gmail.comI71219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Konflik sosial
Politik
Keywords: Mobilisasi Politik; Politik Etnis; Pemilihan Umum 2024
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Witono Witono Witono
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:55
Last Modified: 29 Feb 2024 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68671

Actions (login required)

View Item View Item