Modalitas kandidat dalam kontestasi politik: studi kemenangan Ah. Thohir pada Pilkades Sidomukti tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahendri, Wildan Fahrezi Ihza (2024) Modalitas kandidat dalam kontestasi politik: studi kemenangan Ah. Thohir pada Pilkades Sidomukti tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Fahrezi Ihza Mahendri_I91219106 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Wildan Fahrezi Ihza Mahendri_I91219106 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

AH. Thohir berhasil keluar sebagai pemenang pada kontestasi pilkades Sidomukti tahun 2022 dikarenakan memiliki modalitas kontestasi politik yang lebih baik dibandingkan lawan-lawanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja modalitas yang dimiliki oleh AH. Thohir, serta untuk mengetahui modalitas apa yang menjadi faktor kemenangan AH. Thohir dalam pilkades tersebut ditinjau dari konsep Modalitas Kontestasi Politik Pierre Bourdieu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, serta kajian dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan dengan hasil kajian di lapangan, peneliti menemukan bahwasanya Modalitas Kontestasi Politik yang dimiliki oleh AH. Thohir dalam kontestasi pilkades Sidomukti tahun 2022 adalah Modal Sosial yang berupa citra dan status sosial yang dihormati oleh masyarakat serta kedekatanya dengan masyarakat yang dirawat melalui interaksi sosial langsung dengan masyarakat pada kehidupan sehari-harinya. Modal lain yang dimiliki AH. Thohir adalah modal ekonomi yang sangat mendukung. Sedangkan modalitas yang menjadi faktor kemenangan adalah Modal Sosial berupa status sosialnya yang dihormati dan juga kedekatanya dengan masyarakat merupakan paket lengkap yang dimiliki oleh AH. Thohir dan tidak dimiliki oleh lawan politiknya. Faktor kemenangan lain terletak pada modalitas ekonomi yang dikeluarkan oleh AH. Thohir dalam melakukan kampanye politik seperti politik uang (money politic) yang dibagikan kepada masyarakat pemilih jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan kandidat lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahendri, Wildan Fahrezi Ihzawildanfahrezi9@gmail.comI91219106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhaq, M. Zimamulzimamulkhaq@ymail.com--
Subjects: Kepala Desa
Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Modalitas; Kontestasi Politik; Modal Politik; Modal Sosial; Modal Ekonomi; Pilkades
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Wildan Fahrezi Ihza Mahendri
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:23
Last Modified: 29 Feb 2024 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68678

Actions (login required)

View Item View Item