Spiritualisme kontemporer: studi pemikiran Kh. Djamaludin Ahmad dalam kitab Tasawuf Amaliyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi'i, Muhammad (2023) Spiritualisme kontemporer: studi pemikiran Kh. Djamaludin Ahmad dalam kitab Tasawuf Amaliyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rofi'i_ E97217067 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Rofi'i_ E97217067 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini memiliki kajian mengenai Islam dan Spiritulisme Kontemporer yang ada dalam kitab Tasawuf Amaliyah karya KH Djamaluddin Ahmad. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan tokoh tersebut dalam meningkatkan hidup dan mencegah kegelisahan hidup dengan spiritualitas. Tujuannya adalah untuk melihat mengenai konsep pemikiran KH Djamaluddin Ahmad dalam kitab Tasawuf amaliyah . Konsep KH Djamaluddin Ahmad tentang tasawuf amaliyah memadukan antara kehidupan dunia dengan akhirat. Ia mengajarkan bahwa praktik amaliyah yang benar dapat memperkuat hubungan manusia dengan Tuhan, menjadikan setiap tindakan sebagai ibadah, dan mengembangkan kesalehan sosial dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi literatur (literature review / library research) sebagai teknik pelaksanaan. Adapun sumber primer data merupakan buku yang penulis teliti, sumber-sumber sekunder diambil sebagian besar dari karya-karya KH Djamaluddin Ahmad yang lainnya, artikel jurnal dan e- book. Langkah-langkah pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan pencarian kata kunci, selanjutnya dengan melakukan seleksi sesuai variabel penelitian, dilanjutkan dengan mencatat isi yang akan digunakan dan terakhir menyusun penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan tekahir adalah kesimpulan atau verifikasi data yang dilakukan dengan meningkatkan ketekunan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi'i, Muhammadrofi.iki04@gmail.comE97217067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Tasawuf
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Spiritualisme Kontemporer; Tasawuf Amaliyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Rofii
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:33
Last Modified: 01 Mar 2024 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68689

Actions (login required)

View Item View Item