Pengaruh terapi shalat bahagia terhadap disiplin belajar 3 siswa SMA Dr. Soetomo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tianto, Vito Aris (2024) Pengaruh terapi shalat bahagia terhadap disiplin belajar 3 siswa SMA Dr. Soetomo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vito Aris Tianto_04020320061 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Vito Aris Tianto_04020320061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu perilaku siswa yang tidak disiplin karena kurangnya kesadaran diri individu atas sesuatu prioritas yang harus didahulukan dan bertanggung jawab pada hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari terapi shalat bahagia terhadap disiplin belajar 3 siswa SMA Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian SSR (Single Subject Research) dengan metode kuantitatif. SSR merupakan penelitian yang subjeknya yang dikenai sistematis penelitian eksperimen yang bertujuan mengamati dampak intervensi terhadap perubahan perilaku. Penelitian ini menggunakan Single Subject Research desain reversal model (A1)-B- (A2) yang berfokus pada hasil efek (A2) terapi shalat bahagia terhadap kedisiplinan siswa yang berbentuk angka (kuantitatif) dan visual grafik. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa terapi shalat bahagia memiliki pengaruh pada disiplin belajar 3 siswa SMA Dr. Soetomo Surabaya yang dapat dilihat dari 3 subjek penelitian menunjukkan kecenderungan arah menurun dan data overlap rata-rata 14% yang dapat dilihat dari perilaku nampaknya seperti perubahan cara berpikir untuk memprioritaskan tugas sekolah maupun tugas rumah dari sekolahnya terlebih dahulu dan pandangan siswa fokus mendengarkan saat guru menjelaskan pelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tianto, Vito Arisaristiantovito@gmail.com04020320061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Disiplin Sekolah
Salat
Terapi
Keywords: Terapi shalat bahagia; kedisiplinan; siswa SMA; kesadaran diri; cara berpikir; prioritas diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Vito Aris Tianto
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:49
Last Modified: 01 Mar 2024 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68690

Actions (login required)

View Item View Item