Urgensi penerapan Sistem Informasi Manajamen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama Waru sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatoni, Fakhri Ali (2023) Urgensi penerapan Sistem Informasi Manajamen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama Waru sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fakhri Ali Fatoni_B94219075 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fakhri Ali Fatoni_B94219075 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kesuksesan sebuah sistem informasi tidak hanya ditentukan oleh bagaimana sistem dapat memperoleh masukkan dan menghasilkan informasi dengan baik, tetapi juga bagaimana pengguna mau menerima dan menggunakannya. Dalam hal ini sistem informasi memiliki peranan penting. Di Kantor Urusan Agama (KUA) Waru dengan adanya sistem informasi ini yang dulunya dalam pencatatan data bisa dikatakan manual, sekarang bisa dengan mudah untuk mengakses data-data dengan munculnya sistem informasi yang menghadirkan pelayanan optimal terhadap masyarakat dengan hak yang dimiliki masyarakat agar mendapat pelayanan mudah, efisien, dan akurat. Oleh karena itu, perkembangan teknologi dan perubahan sistem dari manual ke sistem digital maka kementerian agama dan pemerintah merespon perkembangan teknologi tersebut dengan menghadirkan dan juga menerapkan SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah) di seluruh KUA. Dengan adanya SIMKAH ini dapat memangkas waktu dalam pencatatan suatu peristiwa nikah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi penerapan system informasi manajemen nikah dan problematika penerapan sistem informasi manajemen nikah di KUA Waru Sidoarjo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Kemudian, untuk analisis data penelitian menggunakan pendekatan Miles and Huberman. Hasil dari penelitian adalah membahas tentang penerapan sistem informasi manajemen nikah di KUA Waru. Ditinjau dari unsur-unsur manajemen. Terdapat permasalahan yang dihadapi oleh Kua Waru dalam menerapkan Simkah seperti terdapat pegawai yang kurang memahami dari penggunaan simkah dikarenakan faktor usia, serta masyarakat yang ingin menikah belum seluruhnya mengetahui adanya kebijakan SIMKAH, kemudian masalah server dan internet. Setiap data telah diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik. Peneliti menemukan problematika simkah di KUA Waru Sidoarjo dari tahap pertama yaitu: SDM, Sarpras, Jaringan, masyarakat gaptek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatoni, Fakhri Alifahriafat1121@gmail.comB94219075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArdila, Yunitayunita.ardilla@uinsby.ac.id2004069202
Subjects: Budaya Organisasi
Manajemen Dakwah
Manajemen Strategi
Masyarakat
Keywords: Sistem Informasi Manajemen Nikah; Problematika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fakhri Ali Fatoni
Date Deposited: 04 Mar 2024 00:42
Last Modified: 04 Mar 2024 00:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68694

Actions (login required)

View Item View Item