Peningkatan keterampilan mendongeng mata pelajaran bahasa indonesia dengan Media Boneka Tongkat kelas III MI Darussalam Sidorejo Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sodiq, Nurul Aini (2023) Peningkatan keterampilan mendongeng mata pelajaran bahasa indonesia dengan Media Boneka Tongkat kelas III MI Darussalam Sidorejo Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Aini Sodiq_D97217107 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Aini Sodiq_D97217107 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas III MI Darussalam Sidorejo dalam hal ini, keterampilan berbicara materi dongeng masih cukup rendah. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 20 siswa hanya 9 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (tuntas) sedangkan 11 siswa yang lainnya memperoleh nilai di bawah KKM (tidak tuntas). Diharapkan media boneka tongkat mampu memperbaiki dan meningkatkan keterampilan mendongeng siswa yang masih belum terampil dalam mendongeng. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana keterampilan mendongeng siswa kelas III di MI Darussalam Sidorejo?; (2) Bagaimana penggunaan media boneka tongkat untuk meningkatkan keterampilan mendongeng siswa kelas III di MI Darussalam Sidorejo?; (3) Bagaimana peningkatan keterampilan mendongeng dengan media boneka tongkat siswa kelas III di MI Darussalam Sidorejo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui keterampilan mendongeng di kelas III MI Darussalam Sidorejo.2) Mengetahui pembelajaran mendongeng dengan menggunakan media boneka tongkat untuk meningkatkan keterampilan mendongeng kelas III di MI Darussalam Sidorejo. (3) Mengetahui peningkatan keterampilan mendongeng dengan media boneka tongkat kelas III di MI Darussalam Sidorejo. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas III MI Darussalam Sidorejo yang terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil observasi di kelas III menemukan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara materi dongeng masih cukup rendah. (2) Penggunaan media boneka tongkat dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai 85,66 (baik) pada siklus I menjadi 93,33 (sangat baik) pada siklus II dan aktivitas siswa dengan perolehan 83,33 (baik) pada siklus I menjadi 91,66 (sangat baik) pada siklus II. (3) Peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 74 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 84,5 (baik) pada siklus II. Dan persentase ketuntasan belajar pada siklus I 60% (cukup baik) meningkat menjadi 80% (baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sodiq, Nurul Ainiaininurul278@gmail.comD97217107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Keterampilan mendongeng; media pembelajaran boneka tongkat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Aini Sodiq
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:47
Last Modified: 01 Mar 2024 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68695

Actions (login required)

View Item View Item