Analisis maslahah mursala terhadap layanan ta’aruf online melalui Instagram @ta’aruf.islami

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Tri Anisah Naurah (2021) Analisis maslahah mursala terhadap layanan ta’aruf online melalui Instagram @ta’aruf.islami. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Anisah Naurah Firdaus_C91216129 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Tri Anisah Naurah Firdaus_C91216129.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Layanan Ta’aruf Online Melalui Instagram @Taaruf.Islami” bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari 2 rumusan masalah yang ada: pertama yaitu tentang bagaimana layanan ta’aruf melalui instagram @Taaruf.Islami dan yang kedua yaitu bagaimana analisis maslahah mursalah terhadap layanan ta’aruf melalui instagram @Taaruf.Islami. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif, dan berjenis kualitatif yang untuk menganalisis proses ta’aruf yang mana proses ta’aruf tersebut dilakukan melalui aplikasi instagram dengan nama akun Taaruf.Islami yang kemudian di analisis dengan teori umum maslahah mursalah yang berkaitan dengan proses ta’aruf. Dalam penggalian data penelitian ini melalui wawancara dalam podcast yang admin @Ta’aruf.Islami berikan dan observasi. Data-data yang diambil untuk penelitian ini yaitu melalui artikel, buku, internet dan lain-lain. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa, ta’ruf merupakan proses saling kenal mengenal secara mendalam dan jujur mengenai latar belakang dan kepribadian antara seorang muslim dan muslimah dengan cara atau aturan secara islami digunakan untuk ke tahap membangun rumah tangga atau pernikahan. Sedangkan @Taaruf.Islami ini adalah sebuah akun instagram sebagai metode ta’aruf melalui sosial media. Karena itu proses ta’aruf untuk menuju pernikahan melalui sosial media instagram dengan akun @Taaruf.Islami tidak ada yang menyimpang dari syariat Islam, serta melakukan proses mencintai seseorang dengan cara yang dianjurkan oleh Dari uraian penelitian di atas, penulis menyarankan kepada pihak admin @Taaruf.Islami agar sebaiknya jika ada peserta yang akan lanjut ke tahap nadzor, dan masih dalam daerah jangkauan admin sebaiknya admin atau ada pihak dari @Taaruf.Islami ini yang ikut mendampingi. Atau menyedikan admin tambahan dalam beberapa daerah agar bisa secara langsung mendampingi proses nadzor tersebut. Dan untuk masyarakat khususnya remaja yang beragama Islam yang sedang berada di tahap mencari jodoh untuk ke pelaminan, alangkah baiknya mencari jodoh melalui jalur ta’aruf yang sudah disediakan atau sudah ditetapkan oleh agama Islam. Tidak melakukan pacaran sebagai media mencari jodoh atau pengenalan karena hal tersebut mendekati zina yang sangat diharamkan oleh Islam. Dan selain sudah di sediakan oleh agama Islam yang tentunya sesuai dan tidak bertentangan dengan syariat Islam yang tentunya akan menjaga agama dan menjaga keturunan sesuai dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Tri Anisah Naurahanisahnaurahhh@gmail.comC91216129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'un-2008085901
Subjects: Hukum Islam
Internet
Keywords: Maslahah mursala; layanan ta’aruf online; medsos Instagram
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: FIRDAUS TRI ANISAH NAURAH
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:57
Last Modified: 04 Mar 2024 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68705

Actions (login required)

View Item View Item