Asimiasi bahasa Betawi dalam komunikasi masyarakat di kelurahan Jombang kota Tangerang Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Roby (2024) Asimiasi bahasa Betawi dalam komunikasi masyarakat di kelurahan Jombang kota Tangerang Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roby Firdaus_04020520080.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Roby Firdaus_04020520080_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Roby Firdaus, NIM 04020520080, Asimiasi Bahasa Betawi dalam Komunikasi Masyarakat di Kelurahan Jombang Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini berfokus dalam menganalisis pengetahuan dan bahasa Betawi yang digunakan sebagai media komunikasi bagi masyarakat di Kelurahan Jombang Kota Tangerang Selatan, pandangan dan transformasi bahasa Betawi sebagai media komunikasi di Kelurahan Jombang Kota Tangerang Selatan, dan asimilasi bahasa Betawi yang terjadi di Kelurahan Jombang Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan jenis penelitian ialah kualitatif, dengan teori akulturasi dan teori asimilasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisi data dilakukan dengan tahapan-tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan pengguna bahasa Betawi di Kelurahan Jombang Kota Tangerang Selatan masih banyak, Pandangan dan proses transformasi bahasa Betawi sebagai media komunikasi masyarakat di Kelurahan Jombang Kota Tangerang Selatan menemukan hasil yaitu penutur bahasa Betawi di Kelurahan Jombang Kota Tangerang Selatan sudah berkurang dan diambang kepunahan, dan asimilasi terjadi pada bahasa Betawi karena faktor internal, eksternal, dan urbanisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Robyfirdausroby04@gmail.com04020520080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Komunikasi
Budaya
Keywords: Asimilasi; akulturasi; bahasa betawi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Roby Firdaus
Date Deposited: 05 Mar 2024 06:22
Last Modified: 05 Mar 2024 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68710

Actions (login required)

View Item View Item