Komunikasi persuasif pedagang terkait minat konsumen: studi deskriptif kualitatif pada pedagang baju impor di pasar loak Gembong Tebasan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bagaskara, Bandung (2023) Komunikasi persuasif pedagang terkait minat konsumen: studi deskriptif kualitatif pada pedagang baju impor di pasar loak Gembong Tebasan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bandung Bagaskara_B06216009.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bandung Bagaskara_B06216009_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Dalam skripsi ini, terdapat dua permasalahan yang dianalisis, yakni: Bagaimana cara pedagang baju impor di Pasar Gembong Tebasan Surabaya melakukan proses komunikasi persuasif untuk menarik minat pembeli dan apa saja kendala yang dihadapi dalam upaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan proses komunikasi persuasif yang digunakan oleh pedagang baju impor di Pasar Gembong Tebasan Surabaya untuk menarik minat pembeli, serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin timbul dalam komunikasi persuasif untuk menarik minat calon pembeli. Dalam rangka itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menyediakan fakta dan data mengenai proses serta kendala dalam komunikasi persuasif yang dihadapi oleh pedagang dalam upaya menarik minat pembeli. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pedagang dalam menyampaikan pesan kepada calon pembeli untuk menarik minat dapat dikategorikan menjadi empat tahap, yaitu: tahap permulaan, tahap memaparkan ide secara persuasif, tahap menangani bantahan, dan tahap pengambilan keputusan. (2) Terdapat beberapa hambatan dalam komunikasi persuasif yang dihadapi oleh pedagang dalam usahanya untuk menarik minat calon pembeli. Hambatan-hambatan tersebut meliputi: a) Faktor kebisingan (noise) di lingkungan pasar. b) Faktor semantik yang terkait dengan penggunaan kata-kata yang dapat menimbulkan kesalahpahaman. c) Perbedaan kepentingan antara pedagang dan pembeli. d) Kurangnya motivasi dari para pembeli untuk memberikan umpan balik (feedback). e) Adanya prasangka (prasangka) yang berlebihan dan menyebabkan perbedaan persepsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bagaskara, Bandungbandung.bagask@gmail.comB06216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Komunikasi
Keywords: Komunikasi persuasif; manarik minat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bagaskara Bandung
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:19
Last Modified: 04 Mar 2024 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68712

Actions (login required)

View Item View Item