Representasi makna self-love dalam lagu “Diri” karya Tulus: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Filzah (2024) Representasi makna self-love dalam lagu “Diri” karya Tulus: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Filzah Nabilah_04040520111_Full.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Filzah Nabilah_04040520111.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (23MB)

Abstract

Representasi self-love dalam lirik lagu juga berfungsi sebagai alat untuk membentuk pola pikir positif. Melalui kata-kata yang membangun dan memotivasi, lagu tersebut dapat memainkan peran penting dalam membentuk paradigma positif terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini akan membedah bagaimana representasi self-love dapat menjadi landasan untuk pola pikir yang mendukung kesehatan mental yang baik. Permasalahan yang akan diteliti pada skripsi ini yakni bagaimana pesan self-love yang terkandung dalam lagu Diri karya Tulus dengan berdasarkan teori analisis semiotik Roland Barthes. Persoalan tersebut diidentifikasi secara detil dan mendalam, jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dari jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis semiotik dengan teknik pengumpulan data berupa observasi jurnal, karya ilmiah, website, dan skripsi sebagai data pendukung. Dari data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotik model Roland Barthes. Representasi makna self-love dalam lagu Diri karya Tulus menunjukkan hasil penelitian bahwa representasi self-love yang disajikan oleh Tulus melalui karya lagu “Diri”. Pertama mencintai diri kita sendiri sebelum kita mencintai orang lain, kedua kebahagiaan dapat dicapai oleh diri sendiri bukan orang lain, ketiga mencintai diri sendiri akan mendatangkan kebahagiaan, keempat menyadari bahwa menjadi diri sendiri adalah jawaban awal untuk mendapatkan kebahagiaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Filzahfilzanabila56@gmail.com04040520111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEmeraldien, Fikry Zahriafikry.zahria.emeraldien@uinsby.ac.id0028088902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Kepribadian
Keywords: mental health; self love; semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Filzah Nabilah
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:49
Last Modified: 05 Mar 2024 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68717

Actions (login required)

View Item View Item