Pemberdayaan kelompok perempuan tani dalam pengolahan bawang merah untuk meningkatkan ekonomi keluarga desa Gondangkulon kecamatan Gondang kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Amin (2023) Pemberdayaan kelompok perempuan tani dalam pengolahan bawang merah untuk meningkatkan ekonomi keluarga desa Gondangkulon kecamatan Gondang kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amin Maulana_04040220059.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Amin Maulana_04040220059_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam dua hal, yang pertama bagaimana strategi pemberdayaan kelompok Perempuan tani dalam mewujudkan ekonomi keluarga untuk meningkatkan kemandirian pangan melalui olahan produk unggulan. Kedua, Berfokus pada hasil olahan produk dari kegiatan pemberdayaan pada kelompok Perempuan tani dan keberdayaan masyarakat Balongkenci dengan olahan kripik bawan merah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development ( ABCD ), yang Dimana dalam proses aksinya menggunakan pengembangan aset dan potensi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tahapan pendekatan ABCD meliputi discovery, dream, design, define, dan destiny, Aset yang dikembangkan meliputi pemanfaatan lahan persawahan dan pekarangan yang dilakukan oleh kelompok perempuan tani dan masyarakat lokal.Hasil kegiatan pemberdayaan yakni munculnya nilai proses keberdayaan kelompok dan masyarakat serta perubahan pada pola pikir, terbangunnya harapan, mimpi yang ingin dicapai bersama untuk kepentingan bersama menuju keberdayaan pangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Aminaminmaulana322@gmail.com04040220059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFalasifah, Nihlatulnihlatulfs@gmail.com-
Subjects: Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; keberdayaan dalam pangan; keripik bawang merah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: AMIN MAULANA
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:07
Last Modified: 04 Mar 2024 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68720

Actions (login required)

View Item View Item