Analis islamic sustainable economy sebagai pemulihan ekonomi oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) kabupaten Lamongan pasca pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indarwanto, Bagus Dwi (2023) Analis islamic sustainable economy sebagai pemulihan ekonomi oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) kabupaten Lamongan pasca pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bagus Dwi Indarwanto_G74218072 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Bagus Dwi Indarwanto_G74218072.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pandemi covid – 19 yang melanda Indonesia membuat perekonomian Indonesia menurun secara drastis hingga menuju ke titik krisis ekonomi. Pandemi covid merupakan virus yang sangat berbahaya akan penyebarannya yang bisa menimbulkan kematian dari virus tersebut, sehingga pemerintah harus menetapkan beberapa kebijakan diantaranya, Pembatasan sosial berskla besar, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, dan pembatasan jam malam. Sehingga mengharuskan adanya strategi untuk tetap bertahan dan beradaptasi di masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi beradaptasi serta memulihkan ekonomi melalui sustainable economy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desriptif, yang bersifat peneliian secara langsung ke lokasi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bagaiman strategi yang dilakukan UMKM dalam mempertahankan usahanya dimasa pandemi covid-19. Strategi yang digunakan sangatlah memiliki pengaruh besar untuk keberlangsungan perekonomian saat ini hingga setelah pandemi covid-19, yang juga mendapatkan dorongan langsung dari pemerintah daerah. Dengan diadakannya penelitian ini diharapkan semua sektor UMKM dapat tetap bertahan dimasa pandemi dan agar semua sektor UMKM bisa memulihkan perekonomian daerah menjadi seperti semula hingga menjadikan perekonomian individual hingga tingga nasinal menjadi lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indarwanto, Bagus Dwibagusdwiindarwanto@gmail.comG74218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Keywords: Islamic sustainable economy; pemulihan ekonomi; Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM); pandemi covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bagus Dwi Indarwanto
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:45
Last Modified: 06 Mar 2024 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68734

Actions (login required)

View Item View Item