Strategi pemberdayaan ekonomi umat melalui baitul maal wat tamwil Nurul Ummah (BMT NU) Ngasem Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Khusnul (2023) Strategi pemberdayaan ekonomi umat melalui baitul maal wat tamwil Nurul Ummah (BMT NU) Ngasem Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Khotimah_G04219040 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Khusnul Khotimah_G04219040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan di Indonesia masih menjadi masalah utama yang dihadapi pemerintah saat ini. Lajunya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan pertambahan lapangan usaha dapat menyebabkan tingginya angka pengangguran dan kemiskinan. Salah satu upaya dalam mengatasi kemiskinan yaitu melalui pemberdayaan. Baitul Maal wat Tamwil Nurul Ummah (BMT NU) Ngasem Bojonegoro merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang berhasil melakukan pemberdayaan untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang terjadi di masyarakat Ngasem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemberdayaan ekonomi umat melalui BMT NU Ngasem Bojonegoro dan dampak dari strategi pemberdayaan ekonomi umat yang dilakukan oleh BMT NU Ngasem Bojonegoro terhadap perekonomian masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan lapangan (field research). Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pemberdayaan ekonomi umat yang dilakukan BMT NU Ngasem Bojonegoro adalah dengan: pelatihan kemampuan dan peningkatan kesadaran; mobilisasi sumberdaya; serta pembangunan dan pengembangan jejaring. Selain itu program-program pemberdayaan ekonomi yang dilakukan BMT NU Ngasem Bojonegoro adalah: BMT NU Institut, Swalayan NU, Air Minum NU, Percetakan (NU Art), Kambing Bergulir, kemitraan usaha, pemberian “Gerobakku”, dan pembangunan sarana-prasarana. (2) Strategi pemberdayaan ekonomi umat yang dilakukan BMT NU Ngasem Bojonegoro memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat yaitu: berkurangnya jumlah penduduk miskin, meningkatkan jumlah pendapatan, meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap upaya peningkatan kesejahteraan lingkungan, serta mampu mengembangkan usaha dari potensi-potensi atau sumber daya yang dimiliki. Penelitian ini memberikan rekomendasi atau saran kepada pihak manajemen atau pengurus BMT NU Ngasem untuk senantiasa mengembangkan (melakukan inovasi) program-program pemberdayaan yang dilakukan untuk menghadapi persaingan usaha, lebih menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai program-program BMT NU Ngasem, dan senantiasa meningkatkan kinerja organisasi dan evaluasi sehingga program pemberdayaan yang dilakukan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Khusnulkhusnul456khotimah@gmail.comG04219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah1973@gmail.com2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Nahdlatul Ulama
Keywords: Strategi pemberdayaan ekonomi; BMT NU
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnul Khotimah
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:14
Last Modified: 05 Mar 2024 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68736

Actions (login required)

View Item View Item