Analisis pengaruh tingkat investasi, tenaga kerja dan nilai produksi terhadap PDRB di Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qonita, Saffana Nisa’ Nur (2023) Analisis pengaruh tingkat investasi, tenaga kerja dan nilai produksi terhadap PDRB di Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saffana Nisa’ Nur Qonita_G71219056 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Saffana Nisa’ Nur Qonita_G71219056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan suatu faktor-faktor produksi memiliki kontribusi positif terhadap aktivitas industri. PDRB menjadi salah satu acuan ekonomi yang memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh faktor-faktor produksi seperti investasi dan tenaga kerja juga nilai produksi terhadap tingkat PDRB di Provinsi Jawa Timur Tahun 2017- 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis data panel melalui pemilihan model terbaik yaitu Fixed Effect Model dan menggunakan pengujian hipotesis, uji F, uji T dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui pengaruh tiap variabel faktor produksi yaitu investasi, tenaga kerja dan nilai produksi terhadap PDRB dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Disperindag Jawa Timur dan BPS Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai parsial investasi dan nilai produksi yang berpengaruh terhadap PDRB di Provinsi Jawa Timur dengan probabilitas < 5%. Sedangkan nilai parsial tenaga kerja tidak mempengaruhi PDRB di Provinsi Jawa Timur dengan probabilitas > 5%. Untuk hasil secara simultan seluruh variabel bersama-sama mempengaruhi tingkat PDRB dengan nilai probabilitas 0,00000 < 5%. Sedangkan dari hasil uji koefisien determinasi menunjukkan variabel tingkat PDRB di Provinsi Jawa timur dipengaruhi oleh variabel investasi, tenaga kerja dan nilai produksi yaitu sebesar 93,65 persen. Sedangkan sisanya yaitu 6,35 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor produksi terutama pada investasi dan nilai produksi yang memiliki pengaruh terhadap PDRB, sehingga diharapkan pemerintah mengupayakan kestabilan pada suatu faktor produksi terutama pada tenaga kerja seperti meningkatkan jumlah produksi barang atau jasa, meperluas lahan pekerjaan, meningkatkan kelancaran distribusi perdagangan, serta memberikan pelatihan dan arahan untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qonita, Saffana Nisa’ NurSaffananisa@gmail.comG71219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahabdullahkafabih@uinsby.ac.id2007089103
Subjects: Investasi
Tenaga Kerja
Keywords: Tingkat investasi; tenaga kerja; nilai produksi; PDRB
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Saffana Nisa' Nur Qonita
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:15
Last Modified: 07 Mar 2024 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68776

Actions (login required)

View Item View Item