Interaksi sosial budaya masyarakat Desa Sugih Waras Nganjuk: studi kasus masyarakat Islam Tradisional dengan Moderat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nur (2023) Interaksi sosial budaya masyarakat Desa Sugih Waras Nganjuk: studi kasus masyarakat Islam Tradisional dengan Moderat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohmah_E92218086 OK.pdf

Download (858kB)
[img] Text
Nur Rohmah_E92218086 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah, yakni Bagaimana teori interaksi sosial masyarakat keagamaan antara Islam tradisional dan moderat di desa Sugih Waras Nganjuk dan bagaimana konsep interaksi sosial antara Islam tradisional dan moderat di desa Sugih Waras Nganjuk. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini yakni dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Selain itu, penelitian ini bersifat naturalistic, maksudnya dilakukan di tempat alami, dan tidak membuat perlakuan, karena pengumpulan data bersifat emic, yakni berdasarkan sumber pandangan dari sumber data, bukan peneliti. Selanjutnya data disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu tentang fenomena interaksi sosial antara Islam tradisional dan moderat di desa Sugih Waras Nganjuk. Dalam penelitian ini, sosial yang berkembang di desa Sugih Waras Nganjuk mengalami dinakima antara Islam tradisional dan moderat. Keduanya memiliki ideologi, cara pandang, perspektif masing-masing. Hanya saja, dinamika itu pun membuahkan kausalitas interaktif antara Islam tradisional dan moderat. Kondisi ini memungkinkan atau menitikberatkan keduanya pada sebuah interaksi yang menghasilkan keberagamaan dalam masyarakat desa Sugih Waras Nganjuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nurrahmahbeee275@gmail.comE92218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidah, Feryani Umiferiyani66@gmail.com2008025901
Subjects: Agama
Antropologi Budaya
Konflik sosial
Sosiologi Islam
Keywords: Budaya masyarakat; interaksi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:36
Last Modified: 14 Mar 2024 05:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68782

Actions (login required)

View Item View Item