Mitigasi risiko pembiayaan take over pada Bank Jatim syariah cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abyan, Muhammad Naufal Akbar (2023) Mitigasi risiko pembiayaan take over pada Bank Jatim syariah cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Naufal Akbar Abyan_G04219048.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Naufal Akbar Abyan_G04219048_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Dalam pembiayaan di perbankan terdapat risiko yang mengancam dalam segi likuiditas bank dan operasional perbankan. Mitigasi risiko pembiayaan sangat penting dilaksanakan oleh perbankan dalam mengatasi risiko yang nyata, tak terkecuali pembiayaan take over yaitu pembiayaan pengalihan hutang dari bank konven ke bank syariah, dengan akad hiwalah bil ujrah. Dari risiko yang harus membuat pihak perbankan mengadaptasi sistem mitigasi risiko dan manajemen risiko yang baik. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif (field research) serta metode Triangulasi sumber data dan Triangulasi Teori. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana mekanisme take over yang sesuai akad syariah dan prosedur yang ditetapkan OJK. Data yang diperoleh, dalam risiko pembiayaan ini dapat mengancam risiko likuiditas bank dan risiko operasional seperti wanprestasi, perbedaan dari nilai pelunasan, pelunasan tidak tepat waktu, serta oknum dari pihak nasabah atau perbankan yang membawa kabur angunan. Pihak BJS memitigasi risiko dengan 5 C yaitu Reduce dan Collateral yatu mitigasi berupa penangan angunan. Dukungan yang meperkuat untuk meminimalisir risiko adalah dengan menggunakan sistem manajemen risiko berupa Four Eyes Principles. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa risiko dalam pembiayaan harus segera diatasi demi keberlangsungan likuiditas bank. Perbankan dapat meminimalisir terjadinya credit risk dengan mitigasi risiko dan manajemen risiko yang benar dan sesuai SOP yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abyan, Muhammad Naufal Akbarg04219048@student.uinsby.ac.idG04219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Mitigasi risiko; take over; manajemen risiko
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Naufal Akbar Abyan
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:50
Last Modified: 08 Mar 2024 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68785

Actions (login required)

View Item View Item