Relasi kurangnya literasi agama dengan perpecahan umat Islam: studi pemaknaan hadis riwayat Ahmad Ibn Hanbal nomor indeks 13036

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohim, Abdur (2023) Relasi kurangnya literasi agama dengan perpecahan umat Islam: studi pemaknaan hadis riwayat Ahmad Ibn Hanbal nomor indeks 13036. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdur Rohim_E75219044 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Abdur Rohim_E75219044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Literasi agama sangat penting bagi kehidupan di zaman modern saat ini. Lietasi agama merupakan salah satu kemampuan untuk melihat dan menganalisis jalinan yang mendasar antara agama dengan kehidupan osisal, politik dan budaya melalui berbagai prespektif. Padahal dalam hadis Riwayat Imam Ah}mad ibn H}anbal Nomor Indeks 13036 telah menjelaskan mengenai kurangnya literasi agama dalam hal membaca sampai pada kerongkongan. Pada penelitian ini hadis tentang Relasi Kurangnya Literasi Agama dengan Perpecahan Umat Islam akan di korelasikan dengan fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini. Penelitian ini fokus pada Bagaimana kualitas dan Kehujjahan, bagaimana pemaknaan hadis, dan bagimana kontekstualisasi tentang kurangnya literasi agama dengan perpecahan umatdalamhadisriwayatMusnadAhm}adibnH}anbalNomorIndeks13036 dalam konteks kehidupan sosial di masyarakat. Penelitian ini bersifat Library research sehingga menggunakan sumber dari berbagai buku, jurnak, skripsi, dan literatur lainnya. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kitab Musnad Ah}mad ibn H}anbal Nomor Indeks 13036. Sedangkan data sekunder dapat diperoleh dari literartur yang memiliki relevansi pada objek yang akan dikaji untuk mempermudah dalam penelitian. Adanya hasil yang diperoleh dari penelitianini.PertamakualitashadisriwayatMusnadAhm}adibnH}anbalNomor Indeks 13036 yang memiliki derajat hadis Shahih li> dha>tihi, hadis ini bisa dijadikan hujjah karena hadis ini dikategorikan pada hadis maqbu>l ma’mu>n bih yankni sesuatu yang dapat diamalkan. Mengenai pemaknaannya hadis ini menjelaskan berbagai makna dari ciri-ciri orang yang mengakibatkan perpecahan umat islam. Ketiga, kontekstualisasi hadis tentang Perpecahan Umat yang diriwayatkan Imam Ah}mad ibn H}anbal Nomor Indeks 13036 dengan perilaku kurangnya literasi agama saat ini terjadi. Hadis ini memiliki hubungan erat dalam masalah perilaku Perpecahan umat yang marak terjadi di zaman sekarang. Dimana orang-orang yang hanya membaca tidak sampai pada maknanya maka akan dengan mudah mengkafirkan golongan lain. Dalam hal ini perilaku tersebut sangat tidak baik dan dilarang oleh agama Islam karena dapat mengakibatkan perpecahan umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohim, Abdurcenool123@gmail.comE75219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Agama
Nabi Muhammad > Nabi Muhammad Kepemimpinan
Hadis
Keywords: Literasi agama; perpecahan umat Islam; pemaknaan hadis; Ahmad Ibn Hanbal
Depositing User: Abdur Rohim
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:56
Last Modified: 08 Mar 2024 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68792

Actions (login required)

View Item View Item