Pengantin pesanan perempuan di dunia maya: human trafficking dalam perspektif Alison Jaggar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zilfia, Mu'awinati Isna (2024) Pengantin pesanan perempuan di dunia maya: human trafficking dalam perspektif Alison Jaggar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mu'awinati Isna Zilfia_07010120011 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 March 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Mu'awinati Isna Zilfia_07010120011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pengantin pesanan perempuan di dunia maya: human trafficking dalam perspektif Alison Jaggar, yang bertujuan untuk mempertegas adanya praktik human trafficking dalam tiga situs web yaitu https://cn-520.com/, https://intl-marry.com/ dan https://vn-wife.com/. Persoalan yang akan dibahas dalam skripsi ini antara lain: Pertama, bagaimana praktik human trafficking pada situs pengantin pesanan perempuan yang terjadi di dunia maya. Kedua, bagaimana alienasi seksualitas, alienasi motherhood dan alienasi intelektualitas pada human trafficking dalam pengantin pesanan perempuan di dunia maya. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah kualitatif. Data yang diperoleh peneliti dari hasil observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori alienasi Alison Jaggar. Hasil temuan dan analisis dari skripsi ini adalah Pertama, di dalam tiga situs pengantin pesanan tersebut ada praktik human trafficking mulai dari memanfaatkan korban dengan merekrut, menjanjikan akan hidup bahagia, memalsukan identitas korban dan mengeksploitasi korban meliputi, kekerasan, pelecehan seksual dan paksaan untuk melakukan kerja paksa. Kedua, dalam perspektif Alison Jaggar opresi perempuan terjadi karena teori alienasi. Teori alienasi tersebut meliputi seksual, motherhood dan intelektual. Alienasi seksualitas, dalam situs tersebut perempuan hanya dilihat sebagai objek seksual saja, mereka diasingkan dari tubuhnya sendiri. Alienasi motherhood, perempuan dialeniasi dari produk pekerjaan produksinya, sehingga perempuan tidak dapat mengontrol dan seberapa sering mereka mengekspresikan seksualitasnya. Alienasi intelektualitas, perempuan hanya dianggap sebagai barang dagangan saja dan perempuan dibentuk untuk merasa sangat tidak yakin akan dirinya sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zilfia, Mu'awinati Isnamuawinatiisnazilfia@gmail.com07010120011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@gmail.com2030017101
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat
Islam dan Kapitalisme
Keywords: Human trafficking; situs pengantin pesanan; feminis sosialis; Alison Jaggar; teori alienasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mu'awinati Mu'awinati Isna Zilfia
Date Deposited: 12 Mar 2024 06:15
Last Modified: 12 Mar 2024 06:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68794

Actions (login required)

View Item View Item