Gerakan ekofeminisme komunitas puan in action Surabaya dalam women environmental warrior perspektif Vandana Shiva

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Nur Annisa (2024) Gerakan ekofeminisme komunitas puan in action Surabaya dalam women environmental warrior perspektif Vandana Shiva. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Annisa Fitria_07020120045.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Annisa Fitria_07020120045_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini lahir dari keprihatinan antara perempuan dan alam sebagai objek tindakan eksploitasi oleh budaya patriarki. Sehingga penelitian ini didasarkan pada teori ekofeminisme perspektif Vandana Shiva bahwa perlunya gerakan kolektif untuk pemberantasan ketidakadilan pada perempuan dan pelestarian lingkungan. Teori ekofeminisme merupakan gerakan sosial yang berfokus pada aspek lingkungan dengan perjuangan hak atas perempuan, serta memandang lingkungan sebagai ruang hidup yang menciptakan kebutuhan untuk semua makhluk hidup. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi, bagaimana gerakan ekofeminisme Komunitas Puan In Action dalam Women Environmental Warrior? dan bagaimana gerakan ekofeminisme Komunitas Puan In Action dalam Women Environmental Warrior dengan perspektif Vandana Shiva?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan fenomena sosiologis dan mengaitkan temuan-temuan dilapangan yang kemudian dikaitkan dengan teori ekofeminisme Vandana Shiva. Sehingga dapat mengetahui bagaimana peran perempuan dalam pelestarian ekosistem berkelanjutan. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah field research (lapangan). Berdasarkan masalahnya, penelitian lapangan digolongkan sebagai penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau fenomena dalam masyarakat. Adapun dalam pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian agar data dapat dipertanggungjawabkan dan dipercaya secara ilmiah, maka peneliti menggunakan teknik validitas data berupa triangulasi sebagai bentuk keabsahan data.Berdasarkan hasil temuan dilapangan dapat disimpulkan bahwa peran perempuan dalam Komunitas Puan In Action memiliki peran penting dalam upaya pelestarian ekosistem. Namun, Komunitas Puan In Action tidak sepenuhnya merepresentasikan teori ekofeminisme Vandana Shiva. Pada gerakan ini, poin yang menjadi representasi perspektif Vandana Shiva ialah upaya menciptakan pengetahuan lokal dalam bidang ekonomi, yang berupa pengelolaan sampah menjadi kerajinan tangan, melakukan kegiatan pembersihan sungai Brantas, memberikan edukasi tentang pengelolaan buah dari pohon mangrove menjadi beberapa olahan guna memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat lokal. Kemudian mengadakan kelas pengembangan diri yaitu personal branding dengan tujuan memberdayakan perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Nur Annisanurannisafitria5@gmail.com07020120045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaidarochmawati@gmail.com2123017602
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Gender
Keywords: Gerakan; ekofeminisme; komunitas Puan in action
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Annisa Fitria
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:25
Last Modified: 13 Mar 2024 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68796

Actions (login required)

View Item View Item