KONTRIBUSI KEMAMPUAN KONEKSI, KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS JALUR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qhoiry, Zanuar Akhmad (2014) KONTRIBUSI KEMAMPUAN KONEKSI, KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS JALUR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berkaitan dengan penyebab atau dorongan yang muncul dari dalam diri siswa terutama kemampuan yang dimilikinya, seperti kemampuan koneksi matematis dan kemampuan representasi matematis. Selain faktor kemampuan, ada faktor internal lain yang berkontribusi terhadap prestasi belajar yaitu tingkat kecerdasan, motivasi belajar, minat, sikap, kebiasaan belajar, ketekunan, kesehatan baik fisik maupun psikis yang disebut dengan disposisi matematis. Sedangkan faktor eksternal berkaitan dengan penyebab atau dorongan yang muncul dari luar diri siswa seperti faktor lingkungan. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kemampuan koneksi matematis terhadap prestasi belajar matematika dengan keterlibatan disposisi matematis, kontribusi kemampuan representasi matematis terhadap prestasi belajar matematika dengan keterlibatan disposisi matematis dan kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis secara simultan terhadap prestasi belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto karena penelitian ini berhubungan dengan variabel yang telah terjadi dan tidak perlu memberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Penelitian jenis ini berusaha mengungkap apakah ada hubungan antara fakta yang terjadi ketika diteliti dengan faktor-faktor penyebab atau peristiwa-peristiwa pada masa lalu. Populasi penelitian uji coba adalah siswa kelas VIII MTs. Nurul Hidayah, Sedangkan populasi penelitian eksperimen adalah siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Data penelitian uji coba dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan data penelitian eksperimen dianalisis menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Data kemampuan koneksi dan representasi matematis diperoleh dari tes uraian yang terdiri masing-masing atas 5 soal. Data disposisi matematis diperoleh dari angket yang terdiri 30 pernyatan. Data prestasi belajar diperoleh dari nilai rapor matematika siswa semester dua.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa besar kontribusi kemampuan koneksi matematis terhadap prestasi belajar matematika dengan keterlibatan disposisi matematis adalah 0%, besar kontribusi kemampuan representasi matematis terhadap prestasi belajar matematika dengan keterlibatan disposisi matematis 80,56%, dan besar kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis secara simultan terhadap prestasi belajar matematika adalah 87,24%. Hal tersebut memperlihatkan bahwa kemampuan koneksi, kemampuan representasi dan disposisi matematis berkontribusi baik secara langsung ataupun tidak terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qhoiry, Zanuar AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Disposisi Matematis; Prestasi Belajar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:52
Last Modified: 16 May 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item