Pengembangan edukasi wakaf untuk meningkatkan indeks literasi wakaf uang di Indonesia: studi pada Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI) Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhid, Mukhid (2023) Pengembangan edukasi wakaf untuk meningkatkan indeks literasi wakaf uang di Indonesia: studi pada Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI) Yogyakarta. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchid_F03316050 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muchid_F03316050 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat lembaga non pemerintah yang memiliki kontribusi besar dalam mensosialisasikan literasi wakaf, mengedukasi wakaf selain Badan Wakaf Indonesia (BWI). Lembaga dimaksud adalah Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI), yang berdiri pada tahun 2014 di Yogjakarta. Sebagai lembaga yang juga bermitra dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI), Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI) memiliki program–program yang hamper sama, namun lebih fokus pada peningkatkan literasi dan keterlibatan masyarakat dalam perwakafan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1). Bagaimana implementasi edukasi wakaf uang di Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI) Yogyakarta ? (2). Bagaimana strategi edukasi YEWI untuk meningkatkan indeks literasi wakaf uang di Indonesia ? (3). Sejauh mana dampak dari edukasi wakaf uang pada YEWI ?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu peristiwa atau fenomena dengan sistematis, faktual, dan tepat. Penerapan metode ini didasarkan pada data-data berupa deskripsi kata-kata tertulis atau lisan mengenai obyek dan peristiwa yang sedang diteliti. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu pengujiaan secara rinci terhadap suatu latar atau satu orang subjek, satu keadaan, tempat penyimpanan dokumen atau peristiwa. Kesimpulan dari penelitian ini (1) Proses edukasi literasi wakaf uang di YEWI Yogyakarta, diawali dengan melakukan perekrutan dan pelatihan untuk menjadi Duta Wakaf sebagai ujung tombak dalam melakukan proses edukasi, promosi dan inklusi perwakafan kepada masyarakat. Melakukan serangkaian kegiatan seperti seminar profesi, kajian profesi dan workshop, serta beberapa training dan pendampingan. (2). Strategi edukasi wakaf yang dilakukan di YEWI dalam rangka meningkatkan indeks literasi wakaf di Indonesia adalah dengan cara membentuk beberapa unit kerja yaitu: a) Duta Wakaf Institute, b) Biro Konsultan dan Perencanaan Perwakafan, c) Duta Wakaf Networks, dan d) Asosiasi Indonesian Social preneur Assosiation (INSANI). Kedua, YEWI Menyusun program kerja yaitu: a) Program Profesi Duta Wakaf, b) Program Literasi Wakaf, c) Program Partisipasi Wakaf. (#3). Dampak dari implementasi edukasi wakaf pada YEWI pertama meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap pengetahuan tentang wakaf. Kedua Lahirnya tenaga terampil, duta-duta wakaf bagi calon pengelola lembaga perwakafan di Indonesia. Implikasi teoretik dari penelitian ini yaitu, bahwa penelitian ini melengkapi penelitian yang dilakukan oleh Nugroho et. Al tentang literasi wakaf dalam artikel yang berjudul, “Waqf literacy: The dynamics of waqf in Indonesia,". Penelitian in menemukan strategi yang disebut dengan Edukatalis yang terformulakan : edukatalis sebagai strategi edukasi literasi wakaf di era modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhid, Mukhidzmukhid74@gmail.comF03316050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasid, Yasidyazidabu2019@gmail.com2010106702
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Wakaf
Keywords: Edukasi Wakaf; Literasi; YEWI
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mukhid Mukhid
Date Deposited: 08 Mar 2024 04:13
Last Modified: 08 Mar 2024 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68820

Actions (login required)

View Item View Item