Praktik investasi saham syariah dengan pendekatan Jakarta Islamic Index (JII) Kajian Ma’ani al-Hadith riwayat Sunan Abu Dawud no. indeks. 2932

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Rizky Ainul (2024) Praktik investasi saham syariah dengan pendekatan Jakarta Islamic Index (JII) Kajian Ma’ani al-Hadith riwayat Sunan Abu Dawud no. indeks. 2932. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Ainul Yaqin_07020520060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rizky Ainul Yaqin_07020520060_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Semakin meluasnya investasi di negara Indonesia berpengaruh kepada perekonomian warga Indonesia, sedangkan investasi merupakan salah satu cara untuk menyiapkan perekonomian dalam jangka panjang. Dengan demikian pembahasan pada penelitian ini terfokuskan kepada praktik investasi saham di pasar modal syariah dengan mengunakan pendekatan jakarta islamic index (JII). Adapun rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: pertama, bagaimana status kualitas dan keh}ujjahan hadis riwayat Abu> Da>wud no. indeks 2932, bagaimana pemaknaan hadisnya dan bagaimana kontekstualisasi hadis riwayat Abu> Da>wud No. Indeks 2932 dengan dengan pendekatan jakarta islamic index (JII). Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian library research. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, (1) hadis riwayat Abu> Da>wud no. indeks 2932 kualitasnya s}ah}i>h} lidhatih karena memenuhi semua kriteria persyaratan ke s}ah}i>h}an hadis, sedangkan status keh}ujjahannya adalah termasuk kategori hadis maqbu>l, (2) pemaknaan hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 2932 berisikan tentang larangan jual beli yang didalamnya terdapat unsur gharar, Rasulullah melarang karena dapat menimbulkan perselisihan diantara masyarakat dan merugikan sebelah pihak, (3) Kontekstualisasi hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 2932 dengan praktik investasi syariah pada jakarta islamic index (JII) sangat berkaitan karena didalam prinsip-prinsip investasi saham syariah yang terdapat pada otoritas jasa keuangan (OJK) dijelaskan bahwa suatu saham tidak dapat dikatakan syariah apabila didalamnya tidak terdapat unsur ketidakjelasan, penipuan, riba, dan barang yang diperjual belikan pada perusahaannya bukan barang atau jasa yang haram. Penelitian untuk memberikan pemahaman kepada semua orang khususnya orang Islam bahwa tidak semua yang terdapat dalam investasi adalah dapat merugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Rizky Ainulrizkyyaqin60@gmail.com07020520060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budiichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Agama
Investasi
Hadis
Keywords: Investasi; syariah; hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Rizky Ainul Yaqin
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:55
Last Modified: 04 Apr 2024 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68827

Actions (login required)

View Item View Item