Kontekstualisasi makna Ibad al Rahman dalam kehidupan sosial di Indonesia: studi tafsir modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Muhammad Abdul (2023) Kontekstualisasi makna Ibad al Rahman dalam kehidupan sosial di Indonesia: studi tafsir modern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdul Aziz_E73218053 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Abdul Aziz_E73218053 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah tentang makna ‘Ibad alRah}man dalam QS. Al-Furqan ayat 63-77, diantaranya adalah: 1) Bagaimana penafsiran Tafsir Modern mengenai makna ‘Ibad al-Rah}man dalam kehidupan sosial di Indonesia, 2) Bagaimana kontekstualisasi makna ‘Ibad al-Rah}man prespektif tafsir modern terhadap kehidupan sosial di Indonesia saat ini. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penafsiran mufassir modern mengenai ayat tentang ‘Ibad al-Rah}man prespektif mufassir era modern, menjelakan bagaimana sifat-sifat yang terdapat dalam penafsiran ‘Ibad al-Rah}man dan untuk menemukan kontekstualisasi makna ‘Ibad al-Rah}man perspektif Tafsir modern terhadap kehidupan sosial di Indonesia saat ini serta sifat dan sikap seorang hamba Allah swt. yang harus dijadikan pedoman dan teladan dalam menjalani kehidupan ini. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mengambil jenis penelitian yang bersifat kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode deskriptif-analitis yang dilakukan dengan menginventarisasi penafsiran ‘Ibad al-Rah}man dalam Tafsir Modern, kemudian mendeskripsikan penafsiran tersebut dan menganalisisnya sesuai dengan problematika keadilan sosial yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya problematika yang terjadi di negara Indonesia belakangan waktu terakhir, terutama dalam kehidupan sosial sehingga banyak terjadi kedzaliman di Indonesia. Hal ini cukup mengherankan karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, di mana Allah telah memerintahkan setiap hamba-Nya agar berbuat baik terhadap sesama manusia tanpa memandang latar belakang sosialnya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan terkait kontekstualisasi konsep ‘Ibad al-Rah}man prespektif tafsir moder terhadap beberapa fenomena sosial yang muncul saat ini, pertama, menunjukkan bahwa ‘Ibad al-Rah}man merupakan gambaran cerminan sikap, sifat tentang seorang hamba Allah SWT yang maha pengasih yang mempunyai kesempurnaan diri sebagai seorang hamba yang mulia, kedua, memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk memperjuangkan hak dan kewajiban yang di dapat dalam kehidupan sosial, baik untuk diri sendiri maupun orang lain dan yang ketiga, mengingat dinamika perkembangan problematika sekarang yang berbanding lurus dengan perkembangan zaman, maka maka dalam hal ini bentuk-bentuk sikap maupun sifat yang terdapat dalam ‘Ibad al-Rah}man harus dimaksimalkan dengan mengakomodir ke dalam konsep amar ma’ruf nahi mungkar serta memaksimalkannya sesuai dengan ajaran syariat agama islam. Adapun mengenai Adapun mengenai sifat yang harus dinjunjung tinggi dalam kehidupan sosial bergama, yakni peduli kepada sesama manusia dan tidak mementingkan kepentingan pribadinya sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Muhammad Abdulmuhammadzaziz77@gmail.comE73218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.com2004047303
Subjects: Sosiologi
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Makna Ibad al Rahman; kehidupan sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Abdul Aziz
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:40
Last Modified: 19 Mar 2024 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68848

Actions (login required)

View Item View Item