Tinjauan maslahahah mursalah terhadap pelaksanaan keputusan Dirjen Bimas Islam No. 172 tahun 2022 dalam bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Nurlaily (2024) Tinjauan maslahahah mursalah terhadap pelaksanaan keputusan Dirjen Bimas Islam No. 172 tahun 2022 dalam bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurlaily Fatimah_05010120022.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nurlaily Fatimah_05010120022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan judul ”Tinjauan Maṣlaḥah Mursalah Terhadap Pelaksanaan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 172 Tahun 2022 Dalam Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Trenggalek”. Skripsi ini hasil penelitian lapangan (field research), bertujuan menjawab terkait Bimbingan Perkawinan yang dilakukan di KUA Kecamatan Trenggalek. Program Bimbingan Perkawinan yang diterbitkan oleh Kementrian Agama yang dilaksanakan oleh KUA Kecamatan dengan tujuan mempersiapkan calon pengantin atau generasi muda dalam usia menikah sehingga terwujudnya keluarga sakīnah mawaddah waraḥmah. Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan diatur dalam Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 172 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Calon pengantin. Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah: Bagaimana pelaksanaan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 172 Tahun 2022 dalam Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Trenggalek dan Tinjauan maṣlaḥah mursalah terhadap Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Trenggalek.Data penelitian ini disusun menggunakan teknik penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis data menggunakan kualitatif induktif yang disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit terkait pelaksanaan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 172 Tahun 2022 dalam Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Trenggalek. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan teori maṣlaḥah mursalah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan : Pertama, Pelaksanaan Keputusan Dirjen Bimas Islam dalam Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Trenggalek sudah teraksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa yang belum sesuai salah satunya terkait durasi waktu. Kedua, Dari segi maṣlaḥah mursalah, Bimbingan Perkawinan yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Trenggalek yaitu merupakan Mạslaḥah Hajjiyāh yaitu menyempurnakan kemaslahatan pokok (Perkawinan). Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka penulis memberikan beberapa saran dalam bentuk sebagai berikut.: Pertama, Dalam menyelenggarakan Bimbingan Perkawinan, pihak KUA Kecamatan Trenggalek dan Kemenag harus selalu konsisten dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Kedua, Diharapkan semua pihak yang terlibat selalu konsisten dalam kewajibannya dan berusaha lebih baik lagi agar Bimbingan Perkawinan terlaksana dengan sempurna. Ketiga, Bagi calon pengantin juga dapat mempelajari materi dari Buku Bacaan Mandiri dan diharapkan mengikuti secara utuh Bimbingan Perkawinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Nurlailylailly.fatimah@gmail.com05010120022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'un--2008085901
Subjects: Hukum Islam
Hukum
Perkawinan
Keywords: Maṣlaḥah mursalah; Bimbingan perkawinan; KUA Kecamatan Tremggalek
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nurlaily Fatimah
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:19
Last Modified: 14 Mar 2024 05:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68854

Actions (login required)

View Item View Item