Studi analisis arah kiblat situs komplek pemakaman Islam Troloyo di Trowulan Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rulamsyahrin, Tirta (2024) Studi analisis arah kiblat situs komplek pemakaman Islam Troloyo di Trowulan Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tirta Rulamsyahrin_05040620045_Full.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tirta Rulamsyahrin_05040620045.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Studi Analisis Arah Kiblat Situs Komplek Pemakaman Islam Troloyo di Trowulan Mojokerto, memiliki dua rumusan masalah. Rumusan masalah pertama yakni, bagaimana sejarah berdirinya Situs Komplek Pemakaman Islam Troloyo di Trowulan Mojokerto? Kedua, bagimana tingkat akurasi arah kiblat Situs Komplek Pemakaman Islam Troloyo di Trowulan Mojokerto? Penilitian ini menggunakan metode penelitian lapangan atau field research dengan teknis analisis data deskriptif kualitatif, sebab skripsi ini mendeskripsikan tentang analisis arah kiblat pada Situs Komplek Pemakaman Islam Troloyo di Trowulan Mojokerto menggunakan metode rashdul qiblah dan tongkat istiwa’. Sumber data primer yang digunakan adalah wawancara dengan pihak pengelola dari situs komplek pemakaman, disertai observasi dan dokumentasi. Sumber sekunder yang digunakan diambil dari buku, artikel, maupun jurnal yang berkaitan dengan metode rashdul qiblah dan tongkat istiwa’. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah yang pertama sejarah berdirinya Situs Komplek Pemakaman Islam Troloyo di Trowulan Mojokerto. Situs komplek pemakaman ini telah ada sejak zaman berdirinya kerajaan Majapahit, hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya batu nisan berangka tahun 1350 M dan 1478 M dan adanya makam dari Syekh Jumadil Kubro, ulama penyebar agama Islam pertama di kerajaan Majapahit. Yang kedua, hasil pengujian arah kiblat pada komplek pemakaman ini menggunakan metode rashdul qiblah dan tongkat istiwa’ menunjukkan hasil bahwa komplek pemakaman ini memiliki nilai sudut arah kiblat sebesar 65⁰ (U-B) atau 294⁰ (UTSB), akan tetapi nilai sudut arah kiblat / azimuth dari bangunan makam dilihat dari Google Eart Pro memiliki nilai sudut arah kiblat sebesar 270⁰, sehingga situs komplek pemakaman ini memiliki nilai kemelencengan arah kiblat sebesar 24⁰. Sedangkan masjid Baitul Muttaqin yang berada di samping makam memiliki nilai arah kiblat sebesar 294⁰ (UTSB), sehingga masjid ini lurus menghadap arah kiblat. Sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memberikan saran kepada warga sekitar dari Situs Komplek Pemakaman Islam Troloyo di Trowulan Mojokerto diharapkan agar lebih memperhatikan arah kiblat pada makam baru yang ada di sekitar komplek pemakaman Islam Troloyo agar arah kiblatnya disesuaikan dengan arah Masjid Baitul Muttaqin karena arah masjid ini sudah sesuai dengan arah kiblat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rulamsyahrin, Tirtatirtarsyahrin11@gmail.com05040620045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Sulthon, M. Sulthonsulthonproling@gmail.com2015057203
Subjects: Budaya - Agama
Ziarah Kubur
Falak
Keywords: Arah Kiblat; Komplek pemakaman Islam Troloyo
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Tirta Rulamsyahrin
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:49
Last Modified: 14 Mar 2024 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68870

Actions (login required)

View Item View Item