Peran elite Nahdlatul Ulama’ (NU) dalam persiapan pemenangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pemilihan umum legislatif 2024 di Kota Salatiga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahadiya, Ikrima Amira (2023) Peran elite Nahdlatul Ulama’ (NU) dalam persiapan pemenangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pemilihan umum legislatif 2024 di Kota Salatiga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikrima Amira Ahadiya_I71219047 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Ikrima Amira Ahadiya_I71219047 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis peran yang dilakukan oleh elite Nahdlatul Ulama’ (NU) serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam mempersiapkan pemenangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kota Salatiga dalam menyongsong pemilu tahun 2024 mendatang. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat peringkat keempat dan memperoleh 4 kursi di DPRD Kota Salatiga pada Pemilu tahun 2019 di Kota Salatiga. Hal ini menandakan bahwa persiapan yang dilakukan oleh PKB dalam pileg 2019 belum matang dan masih banyaknya elit NU yang banyak diam dan tidak mengenalkan PKB. Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan pemenangan dari PKB yang mana persiapan tersebut tidak bisa luput dari adanya elite NU. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial oleh Robert D. Putnam, dimana elite Nahdlatul Ulama’ (NU) dapat dikatakan berperan dalam mempersiapkan pemenangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) apabila telah memenuhi 3 elemen dasar yaitu kepercayaan, jaringan, dan norma. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah peran elit NU dalam mempersiapkan pemenangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilihan Umum Legislatif 2024 mendatang di Kota Salatiga adalah dengan modal sosial trust (kepercayaan) berupa sebuah dukungan, networking (jaringan) struktur organisasi Nahdlatul Ulama’ (NU), dan norms (norma) aturan atau nilai-nilai agar mendukung pemenangan PKB pada pileg mendatang. Dengan adanya modal sosial dari elite NU dapat memperbaiki demokrasi khususnya demokrasi perwakilan secara deskriptif terhadap organisasi masyarakat ataupun terhadap kelompok sosial tertentu. Adapun faktor pendukungnya yakni terdapat faktor internal dan eksternal, untuk faktor internalnya berupa adanya peran elite NU dalam mendukung pemenangan, serta faktor eksternalnya yaitu masyarakat Kota Salatiga mayoritas beragama Islam. Untuk faktor penghambat yakni terdapat faktor internal dan eksternal, untuk faktor internalnya berupa SDM yang masih rendah, serta faktor eksternalnya yaitu keterbatasan biaya dalam proses kampanye. Solusi dalam menangani hambatan tersebut ialah mengadakan PKPNU, membangun opini masyarakat melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahadiya, Ikrima Amiraikrimamira1@gmail.comI71219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@gmail.com2018107602
Subjects: Politik > Politik Islam
Nahdlatul Ulama
Keywords: Peran; Elite Politik; Nahdhatul Ulama; PKB; Pemilihan Umun Legislatif
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Ikrima Amira Ahadiya
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:31
Last Modified: 14 Mar 2024 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68879

Actions (login required)

View Item View Item