الهمز والتسهيل في جزء عم (دراسة لهجية بين رواية حفص و بين رواية ورش)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Faizal (2024) الهمز والتسهيل في جزء عم (دراسة لهجية بين رواية حفص و بين رواية ورش). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizal Fahmi_A91219084 OK.pdf

Download (595kB)
[img] Text
Faizal Fahmi_A91219084 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Jauh sebelum Islam datang, Bangsa Arab sudah ada sejak jaman dulu dan terdiri dari berbagai macam kabilah. Ketika Islam datang dan Al-Qur’an turun, banyak dari kabilah- kabilah Arab yang terkesima dengan keindahan gaya bahasa Al-Qur’an sehingga Al-Qur’an dapat menyebar di berbagai kalangan bangsa arab. Namun dalam sejarahnya ditemukan beberapa bacaan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena Perbedaan Dialek Arab. Hal ini dikarenakan Jazirah Arab sangat luas sekali dan terdiri dari berbagai macam kabilah yang masing-masing kabilah mempunyai dialek lokal yang sulit diucapkan oleh kabilah lain, sedangkan Al-Qur'an diturunkan untuk semuanya. Sangat sulit bagi bangsa Arab untuk mengikuti satu macam pengucapan. Dari sinilah maka muncul beberapa macam qiroat dalam Al-Qur'an. Adapun karena Proses penulisan mushaf Al- Qur'an bertahap melalui proses yang panjang. Dan juga karena Proses talaqqi Al-Qur'an yang berbeda. Maka objek penelitian ini tentang dialek-dialek Arab yang memiliki pengaruh dalam perbedaan periwayatan cara baca Al-Qur’an dalam Juz ’Amma yang terdiri 37 surat. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Macam-macam Hamzah dan Tashil dalam Juz ’Amma 2) Dialektika antara Riwayat Hafsh dan Warsy Dengan demikian, tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk-bentuk perbedaan carabaca dan dialek-dialek yang terkadung dalam Juz ’Amma, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teori ilmu lahajat untuk mengkaji lebih dalam periwayatan Hafsh dan Warsy dalam Juz ’Amma sebagai bahan analisisnya dan Kajian Dialektika sebagai media analisisnya. Adapun Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dialek adalah salah satu penyebab adanya perbedaan cara membaca dalam Juz ’Amma sesuai dengan periwayatan Hafsh dan Warsy dan Peneliti menemukan banyaknya perbedaan khususnya dalam bacaan hamzah dan tashil yang terdiri dari 8 macam, karena banyak kabilah arab kadang memindahkan suara hamzah pada huruf yang mati sebelumnya, misal “والأَرضُ” menjadi “والَرضُ” dan masih ada banyak lagi yang akan dibahas dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Faizalfaizal.abesidoarjo@gmail.comA91219084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussu'ud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Qira'ah
Al Qur'an
Sastra
Linguistik
Keywords: Al Lahajaat; Al Hamz wal Tashil; Riwayah Hasf wa Warsy; Juz ’Amma.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Faizal Fahmi
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:03
Last Modified: 14 Mar 2024 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68883

Actions (login required)

View Item View Item