Hukum zakat profesi bagi Tiktokers perspektif keputusan Lembaga Bahtsul Masa'il Nahdlatul Ulama Jawa Timur dan Dewan Hisbah Persatuan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ro'fah, Kamilatur (2024) Hukum zakat profesi bagi Tiktokers perspektif keputusan Lembaga Bahtsul Masa'il Nahdlatul Ulama Jawa Timur dan Dewan Hisbah Persatuan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kamilatur Ro'fah_05020520027 OK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Kamilatur Ro'fah_05020520027 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan keputusan antara Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama Jawa Timur tahun 2018 M dan Dewan Hisbah Persatuan Islam tahun 2002 M mengenai zakat profesi. Sedangkan, disisi lain saat ini profesi Tiktokers menjadi salah satu profesi yang sangat diminati di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan selain mudah, penghasilan yang didapatkan Tiktokers bisa jauh lebih besar dari pendapatan orang yang terkena kewajiban zakat mal seperti petani, peternak dan pedagang. Oleh karena itu, hal ini menjadi suatu permasalahan yang ironis dan terkesan tidak sesuai dengan ajaran Islam dan keadilan bagi orang miskin. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah : apakah Tiktokers tergolong profesi yang terkena kewajiban zakat dan bagaimana analisis komparatif hukum zakat profesi bagi Tiktokers perspektif keputusan Lembaga Bahtsul Masa'il Nahdlatul Ulama Jawa Timur dan Dewan Hisbah Persatuan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ro'fah, Kamilaturrofahkamilatur@gmail.com05020520027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Muflikhatulmuflikhatul.uinsby.ac.id2016047002
Subjects: Perbandingan Madzhab
Zakat
Nahdlatul Ulama
Keywords: Zakat; Zakat profesi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Kamilatur Ro'fah
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:29
Last Modified: 14 Mar 2024 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68888

Actions (login required)

View Item View Item