Pengaruh literasi keuangan syariah dan religiusitas terhadap keputusan menabung di perbankan syariah pada warga RW 04 Desa Jemundo kabupaten Sidoarjo Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriansa, Luky (2023) Pengaruh literasi keuangan syariah dan religiusitas terhadap keputusan menabung di perbankan syariah pada warga RW 04 Desa Jemundo kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luky Febriansa_G74218092.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Luky Febriansa_G74218092_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Literasi serta religiusitas merupakan dua komponen yang memiliki pengaruh bagi seseorang dalam pengambilan suatu keputusan yang baik dan tepat. Dengan memahami literasi keuangan yang baik serta memiliki religiusitas yang baik diharapkan mampu menjadikan masyarakat yang cerdas dan berkualitas demi kemajuan suatu bangsa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji serta menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan religiusitas terhadap keputusan menabung di perbankan syariah pada warga RW 04 desa Jemundo kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 130 responden berasal dari warga RW 04 desa Jemundo kabupaten Sidoarjo Jawa Timur yang berusia 17 hingga 60 tahun dan memiliki rekening tabungan di bank syariah. Perolehan data dilakukan dengan menyebar kuesioner online pada responden yang telah memenuhi kriteria pada penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu software statistik yakni SPSS versi 29. Analisis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari pengukuran validitas dan reliabilitas serta pemenuhan pada asumsi klasik. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi menunjukkan bahwa, (1) Variabel literasi keuangan syariah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. (2) Variabel religiusitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. (3) Variabel literasi keuangan syariah dan religiusitas secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung yang dilakukan oleh warga RW 04 desa Jemundo kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Saran yang disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu masyarakat diharapkan untuk terbuka terhadap sistem keuangan syariah dan meningkatkan literasi keuangan. Perbankan syariah dapat menggencarkan sosialisasi produk-produknya serta meningkatkan kualitas pelayanan. Peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang masih berkaitan dengan permasalahan topik, serta dapat juga dengan menambahkan model analisis dan alat analisis supaya mendapatkan hasil yang lebih baik dan mendetail.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriansa, Lukylukyfebriansa38@gmail.comG74218092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Literasi keuangan syariah; religiusitas; keputusan menabung
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Luky Febriansa
Date Deposited: 15 Mar 2024 05:30
Last Modified: 15 Mar 2024 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68917

Actions (login required)

View Item View Item