Pertanggungjawaban pengganti terhadap pidana pencurian oleh orang dalam gangguan jiwa dalam perspektif hukum Islam dan hukum positif: studi kasus di Polsek Baureno Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aldo Widjaya, David (2024) Pertanggungjawaban pengganti terhadap pidana pencurian oleh orang dalam gangguan jiwa dalam perspektif hukum Islam dan hukum positif: studi kasus di Polsek Baureno Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
David Aldo Widjaya_05010320004 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
David Aldo Widjaya_05010320004.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seseorang yang mengalami gangguan jiwa dianggap tidak mampu melakukan pertanggungjawaban pidana atas apa yang dilakukannya. Hal tersebut berdasarkan “Pasal 44 KUHP yang berbunyi barangsiapa yang melakukan perbuatan yang tidak dapat dipertanggungkan kepadanya karena jiwanya cacat dalam pertumbuhan atau terganggu karena penyakit tidak dipidana”. Dalam hukum islam, seseorang yang memiliki gangguan jiwa mendapatkan perlakukan yang khusus karena tidak dianggap sebagai mukhallafah dan keluargalah yang menjadi penanggungjawab pengganyi terhadap perbuatan yang dilakukan orang dalam gangguan jiwa tersebut. Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah: bagaimanakah pertanggungjawaban pengganti terhadap pidana pencurian oleh orang dalam gangguan jiwa dalam hukum islam dan hukum positif dan bagaimanakah praktik pertanggungjawaban pengganti terhadap pencurian oleh orang dalam gangguan jiwa di Polsek Baureno Bojonegoro?

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aldo Widjaya, Daviddavidaldowijaya@gmail.com05010320004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbaidillah, M. Hassanubaidillah.mhasan@uinsby.ac.id2005117901
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Pidana pencurian; gangguan jiwa; hukum Islam; hukum positif
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: DAVID ALDO WIDJAYA
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:51
Last Modified: 18 Mar 2024 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68935

Actions (login required)

View Item View Item