Pengaruh lama perendaman ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) dan rumput laut (Gracilaria verrucosa) terhadap mutu kesegaran ikan teri (Stolephorus commersonnii)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hapsari, Astrid Indriana (2023) Pengaruh lama perendaman ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) dan rumput laut (Gracilaria verrucosa) terhadap mutu kesegaran ikan teri (Stolephorus commersonnii). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Astrid Indriana Hapsari_H04219004 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Astrid Indriana Hapsari_H04219004 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Ikan teri merupakan ikan pelagis yang hidup bergerombol. Ikan teri memiliki kandungan gizi tinggi namun produk perikanan rata-rata mudah mengalami pembusukan, sehingga diperlukan bahan pengawet untuk menjaga kesegaran ikan. Bahan pengawet yang dapat digunakan untuk menambah umur simpan ialah pengawet sintetis dan alami. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh perendaman ekstrak daun kelor (Moringa oleifera), ekstrak rumput laut (Gracilaria verrucosa) dan ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) rumput laut (Gracilaria verrucosa) terhadap hasil pengujian organoleptik dan total mikroba pada ikan teri (Stolephorus commersonnii). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen berdasarkan uji organoleptik sesuai SNI 01-2346-2006 dan total mikroba sesuai SNI 2332.3:2015. Perlakuan perendaman ekstrak diberi perlakuan perendaman 4 jam, 6 jam, dan 8 jam dengan menggunakan suhu ruang. Berdasarkan hasil uji organoleptik dan total mikroba perlakuan perendaman paling berpengaruh dalam menjaga kesegaran ikan secara organoleptik dan total mikroba adalah perendaman ekstrak rumput laut dengan nilai organoleptik 8 dan total mikroba 1,9 x 105. Hasil pada perendaman ekstrak daun kelor dan rumput laut 8 untuk organoleptik dan 2,1 x 105.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hapsari, Astrid Indrianaastridindriana4@gmail.comH04219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Ikan teri; Daun kelor; Rumput laut; pengawet alami; Organoleptik; TPC (total plate count)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Astrid Indriana Hapsari
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:01
Last Modified: 18 Mar 2024 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68957

Actions (login required)

View Item View Item