This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khoiroh, Binti Ma’unatul (2015) PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA BROKEN HOME DI SMP BINA TARUNA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Kenakalan remaja yang muncul karena keadaan keluarga kurang harmonis atau broken home menjadikan remaja dalam perhatian dan pengawasan yang kurang sehingga berujung pada kehidupan remaja tidak terarah, perilaku yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebagaimana kenakalan yang nampak di sekolah, guru PAI sebagai orang tua kedua memiliki andil untuk mengatasi kenakalan tersebut terkait tugasnya dalam memberikan pengajaran dan bimbingan akhlak pada peserta didiknya. Berdasarkan latar belakang ini, penulis mengangkat judul peran guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa broken home, dengan rumusan masalah sebagai berikut:
Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa broken home di SMP Bina Taruna Surabaya? Bagaimana peran guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa broken home di SMP Bina Taruna Surabaya?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus ini bertipe kasus intrinsik adalah untuk mengilustrasikan kasus yang unik, kasus yang memiliki kepentingan yang tidak biasa dalam dirinya dan perlu dideskripsikan yaitu kasus broken home dengan keterlibatan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasinya.
Dari hasil penelitian ini, memberikan kesimpulan bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa broken home di SMP Bina Taruna Surabaya termasuk sebagai jenis kenakalan yang melawan status sebagai pelajar meliputi terlambat masuk sekolah, tidak masuk sekolah tanpa keterangan (membolos), Berkenaan dengan masalah perilaku siswa broken home, guru PAI sebagai pengemban amanat orang tua dan bertugas mendidik siswa, maka peran guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa meliputi memberikan pengajaran, nasihat, pembiasaan melakukan dzikir baik di dalam kelas maupun ketika waktu senggang dalam lingkup sekolah
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Guru | ||||||
Keywords: | Peran guru; kenakalan siswa. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 3213 not found. | ||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2016 01:33 | ||||||
Last Modified: | 21 Jun 2016 01:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6896 |
Actions (login required)
View Item |