Analisis sadd al dhariah terhadap pandangan Savy Amira Women’s Crisis Centre tentang marital rape di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indri, Fitriani (2024) Analisis sadd al dhariah terhadap pandangan Savy Amira Women’s Crisis Centre tentang marital rape di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indri Fitriani_05020120055 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Indri Fitriani_05020120055 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan yang terjadi pada masyarakat di kota Surabaya. Masyarakat yang tinggal di kota Surabaya masih mengalami marital rape, hal ini diketahui dari data yang diperoleh dari lembaga Savy Amira Women’s Crisis Centre. Lembaga Savy Amira Women’s Crisis Centre menerima aduan masyarakat yang mengalami marital rape, selain itu ia berperan untuk menyelesaikan kasus marital rape tersebut. Dari penelitian ini memuat dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana pandangan Savy Amira Women’s Crisis Centre tentang marital rape di Surabaya, kedua bagaimana analisis sadd al- dharī’ah terhadap pandangan Savy Amira Women’s Crisis Centre tentang marital rape di Surabaya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pandangan Savy Amira Women’s Crisis Centre tentang marital rape di Surabaya dan untuk mengkaji secara detail analisis sadd al- dharī’ah terhadap pandangan Savy Amira Women’s Crisis Centre tentang marital rape di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian empiris deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan didukung oleh data sekunder. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan socio legal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, pertama melalui wawancara. Kedua untuk memperoleh data sekunder dengan menggunakan dokumen terkait yang berhubungan dengan kasus marital rape di Savy Amira. Hasil dari penelitian ini mendapatkan dua kesimpulan, pertama pandangan Savy Amira Women’s Crisis Centre tentang marital rape di Surabaya, bahwa memandang dan membenarkan bahwa marital rape benar ada dan terjadi di kota Surabaya. Dari segi analisis sadd al- dharī’ah memberikan status hukum bahwa marital rape masuk dalam suatu perbuatan yang mengandung kerusakan sehingga tidak pantas untuk dilakukan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, peneliti berharap dari hasil penelitian tersebut dapat menjadi solusi bagi permasalahan diatas, sebagai bentuk kepedulian antar sesama dan bentuk implmentasi hukum Islam terhadap kenyataan yang terjadi di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indri, Fitrianiindrifitriani10024@gmail.com05020120055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIdri, Idriidri_idr@yahoo.co.id2002016701
Subjects: Keluarga
Wanita
Keywords: Sadd al dhariah; Savy Amira Women’s Crisis Centre; marital rape
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Indri Fitriani
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:31
Last Modified: 18 Mar 2024 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68960

Actions (login required)

View Item View Item