Peran Teungku Tapa dalam perang Sabil melawan Belanda di Aceh pada Tahun 1898-1900 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyanti, Lina (2024) Peran Teungku Tapa dalam perang Sabil melawan Belanda di Aceh pada Tahun 1898-1900 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lina Ariyanti_A02217021 ok.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Lina Ariyanti_A02217021 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Peran Teungku Tapa Dalam Perang Sabil Melawan Belanda Di Aceh Pada Tahun 1898-1900 M”.penelitian bertujuan untuk mengkaji beberapa permasalahan diantaranya 1) Bagaimana Kondisi Masyarakat Aceh Sebelum dan Sesudah datangnya Belanda, 2) Bagaimana BiografiTeungku Tapa, dan 3) Bagaimana Peran Teungku Tapa dalam Perang Sabil. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologi dengan tujuan untuk mengetahui biografi dari Teungku Tapa serta interaksi sosial yang timbul karena adanya gerakan yang dipimpin Teungku Tapa untuk melawan Belanda , dari sini timbulah yang struktur sosial yang terdiri dari perubahan sosial, norma sosial, kelompok sosial, lembaga sosial, lapisan sosial pada masyarakat atas penjajahan yang dilakukan oleh Belanda. Penelitan ini mengunakan teori peran yang dikemukakan oleh Khanz dan Khan dan teori konflik yang dikemukakan oleh Leweis A Coser. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang didalamnya terdapat beberapa tahapan yaitu heuristik, verifikasi, intrepretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Sebelum datangnya Belanda, wilayah Aceh merupakan wilayah yang makmur dalam berbagai segi kehidupan, yaitu segi budaya, pemerintahan dan ekonomi. Akan tetapi setelah datangnya Belanda, setiap segi kehidupan di Aceh mulai dimasuki oleh Belanda. 2) Secara biografi, Teungku Tapa merupakan keturunan dari ulama Lingge (wilayah Gayo) bernama Abdur Rahim. Menempuh pendidikan agama di pesantren (Dayah/Joyah) dan menjadi seorang Pande besi yang membuat senjata untuk peperangan. 3) Selama perang Sabil berlangsung, Teungku Tapa berperan sebagai penghimpun pasukan dan menarik simpatik masyarakat agar turut melawan Belanda. Selain itu juga, ia berperan sebagai pengatur strategi perang dalam Perang Gerilya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyanti, Linalinaariyanti25@gmail.comA02217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi DH, Achmadzuhdidh@gmail.com196110111991031001
Subjects: Biografi
Keywords: Teungku Tapa; perang Sabil
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Lina lina ariyanti
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:43
Last Modified: 19 Mar 2024 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68964

Actions (login required)

View Item View Item