Analisis yuridis peraturan tentang hukum minuman keras dalam perspektif hukum pidana Islam dan hukum positif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurussaadah, Ilusya (2024) Analisis yuridis peraturan tentang hukum minuman keras dalam perspektif hukum pidana Islam dan hukum positif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilusya Nurussaadah_05020320041 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilusya Nurussaadah_05020320041 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman jika mengamati situasi masyarakat saat ini maraknya pelaku minum-minuman keras yang dikonsumsi tidak hanya oleh orang dewasa tetapi juga melibatkan remaja yang ikut terjerumus dalam mengonsumsi minuman beralkohol tersebut. Oleh karena itu perlu ditekankan terkait sanksi pada pemidanaan minuman keras sesuai peraturan yang tertera dalam undang-undang KUHP tentang minuman keras, akan tetapi peraturan hukum pada minuman keras hanya berfokus pada sanksi mabuk dijalan umum, menyebabkan kerugian terhadap masyarakat. Berbeda pandangan mengenai tindak pidana dalam memberikan peraturan. Skripsi ini melakukan penelitian analisis yuridis tentang peraturan hukum minuman keras dalam perspektif Hukum Pidana Islam dan Hukum Positif mwliputiH rumusan masalah : bagaimana peraturan dan kebijakan hukum pada minuman dalam perspektif Hukum Pidana Islam. Bagaimana peraturan dan kebijakan hukum pada minuman keras dalam perspektif Hukum Positif. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian hukum normatif yang biasanya disebut penelitian perpustakaan biasanya objek yang dikaji berbentuk studi dokumen sebagai sumber data sekunder seperti peraturan perundang-undangan, teori hukum, putusan pengadilan dan juga bisa berupa pendapat para ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan Statute Approach atau pendekatan perundang-undangan dilakukan dengan mengkaji semua peraturan perundang-undangan dan regulasi yang bersangkut paut dengan minuman keras. Dan juga menggunakan Comparative Approach atau Pendekatan Perbandingan adalah pendekatan yang dilakukan untuk membandingkan kentuan hukum yang ada diperaturan yang satu dengan peraturan yang lain. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan teori Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, pertama minuman keras perspektif Hukum Pidana Islam: melarang khamr karena dianggap merugikan dan bertentangan dengan prinsip-prinsip kemaslahatan jiwa. Larangan terhadap khamr sangat tegas karena melanggar tujuan utama Islam, yaitu memberikan kemaslahatan kepada umatnya. Minuman keras perspektif Hukum Positif hingga kini masih tidak ditemukan aturan mengenai konsumsi minuman alkohol yang komprehensif. Aturan mengenai pengonsumsian minuman alkohol hanya terpublikasi dimulai pada tingkatan aturan perundang-undangan hingga aturan daerah. Aturan itu juga masih belum spesifik membahas larangan konsumsi minuman beralkohol serta larangan tersebut tidak komprehensif dimulai ketika pemroduksian, pengedaran hingga kegiatan konsumsi disertai usaha untuk melindungi dari segi efek yang tidak baik ketika meminum alkohol. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan peraturan hukum pada minuman keras hanya berfokus pada sanksi ketika seseorang atau kelompok mabuk dijalan umum dan menyebabkan kerugian terhadap masyarakat sebaiknya memberikan ketentuan peratuan terhadap minuman keras agar meminimalisir masyarakat mengkonsumsi minuman keras dan melakukan penyuluhan hukum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurussaadah, Ilusyailusysaadah@gmail.com05020320041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyati, Sriwarjiyatisri@gmail.com2026086802
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Minuman Keras
Keywords: Hukum; muniman keras
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: ilusya Ilusya Nurussaadah Nurussaadah
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:27
Last Modified: 19 Mar 2024 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68978

Actions (login required)

View Item View Item