KONTRIBUSI PENGAJARAN USHUL. FIQH TERHADAP PEMAHAMAN HUKUM ISLAM DIKALANGAN SISWA MADRASAH DINIYAH IHYA' ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN AL-HAQIQI SIDOSERMO WONOCOLO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukamto, Sukamto (1999) KONTRIBUSI PENGAJARAN USHUL. FIQH TERHADAP PEMAHAMAN HUKUM ISLAM DIKALANGAN SISWA MADRASAH DINIYAH IHYA' ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN AL-HAQIQI SIDOSERMO WONOCOLO SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pengajaran ushul flqh di madrasah diniyah Ihya’ Ulumuddln podok pesantren Al Haqiqi Sidosermo Surabayra. (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam memahami hukum Islam di madrasah diniyah Ihya’ Ulumuddin pondok pesantren Al Haqiqi Sidosermo Surabaya. (3) Dapatkah peagajaran ushul flqh memberlkan konntribusi bagi ssswa dl madrasah Ihya’ Ulumuddin pondok pesantren Al Haqiqi dalan memahami hokum-hukum Islam. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yaitu: “Penentuan populasi, jenis data,sumber data, tehnik pengumpulan data, dan analisis data”. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pengajarant ushul fiqh di madrasah diniyah Ihya’ Ulumuddin adalah meliputi penyajian materi ushul fiqh, aplikasi beberapa metode mengajar, pelaksanaan evaluasi siswa yang meliputi pre tes, pos tes, evaluasi formatif ataupun sumatif. (2) Pengajaran, ushul fiqh yang dlterapkan di madrasah diniyah tersebut adalah dikhususkan pada kelas I dan II aliyah. (3) Pengajaran ushu fiqh dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman hukum Islam bagi siswa madrasah diniyah tersebut, adalah dapat dlterima kebenrannya, walaupun berkorelasi rendah atau lemah tapi pasti, kesimpulan ini dapat diperoleh berdasarkan analisis yaug dilakukan dengan menggunakan rumus product moment, yakni adanya pengaruh yanq positif antara pengajaran ushul fiqh terhadap pemahaman hukum Islam atau berdasarkan antara variabel X dan Y yang bertanda positif dengan perolehan 0,314.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kasyful Anwar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukamto, SukamtoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Hukum Islam
Pesantren
Keywords: Hukum Islam; Pondok Pesantren; Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2016 01:37
Last Modified: 22 Jun 2016 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item