الإشاريات في سورة يونس: دراسة تداولية - Deiksis dalam Surah Yunus: kajian pragmatik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chumairoh, Nur Umama (2024) الإشاريات في سورة يونس: دراسة تداولية - Deiksis dalam Surah Yunus: kajian pragmatik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Umama Chumairoh_03010120021 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Umama Chumairoh_03010120021 full.pdf
Restricted to Repository staff only until March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Deiksis berkaitan dengan penyampaian sesuatu yang menjadi acuan dalam komunikasi manusia. Seseorang harus memahami deiksis untuk memahami acuan dan konteks tuturannya. Deiksis tidak hanya digunakan dalam teks sastra saja tetapi, juga digunakan dalam selain teks sastra. Peneliti memilih surah Yunus karena ia merupakan salah satu surat yang agung dalam al-qur’an, salah satu surah yang menggunakan nama-nama nabi, dan diketahui surah ini terkenal identik dengan doa nabi Yunus. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata atau kalimat dalam surah Yunus yang menunujukkan tanda-tanda deiksis. Kemudian, Peneliti menerapkan model analisis data dari Miles dan Huberman yang memuat tiga tahapan, antara lain mengidentifikasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yakni jenis deiksis dibagi menjadi tiga macam, yaitu deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu. Bentuk deiksis persona ada 77 pernyataan, deiksis tempat ada 11 pernyataan, dan deiksis waktu ada 46 pernyataan. Adapun fungsi deiksis tersebut yaitu deiksis persona sebagai kata ganti orang pertama Tunggal dan jamak, kata ganti orang kedua Tunggal dan jamak, kata ganti orang ketiga Tunggal dan jamak. Adapun deikis waktu terbagi menjadi deiksis waktu perfektif dan imperfektif. Kemudian deiksis tempat terbagi menjadi deiksis demonstratif, dan temporal, dan fungsi deiksis tempat lokatif yang tidak ada di dalam surah Yunus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chumairoh, Nur Umamanurumamachumairoh2020@gmail.com03010120021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Bahasa Arab
Al Qur'an
Linguistik
Keywords: Deiksis; Surah Yunus; pragmatik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Umama Chumairoh
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:39
Last Modified: 19 Mar 2024 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68982

Actions (login required)

View Item View Item