Peran modin dalam pemeriksaan dokumen perkawinan di KUA Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan menurut PMA nomor 20 tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzatunnisa', Auliana (2024) Peran modin dalam pemeriksaan dokumen perkawinan di KUA Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan menurut PMA nomor 20 tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auliana Izzatunnisa__05020120038 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Auliana Izzatunnisa__05020120038 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang telah didapatkan diolah menggunakan teknik editing dan organizing. Selanjutnya akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif induktif dengan menyusun data terkait peran-peran yang dijalankan oleh modin dalam pemeriksaan dokumen perkawinan di KUA Kecamatan Pohjentrek kemudian dianalisis menggunakan teori PMA Nomor 20 Tahun 2019. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran modin dalam pemeriksaan dokumen di KUA Kecamatan Pohjentrek adalah meneliti, menanyakan kebenaran data kepada pengantin dan memvalidasi wali nasab pengantin dan mendaftarkan kehendak perkawinan serat melaksanakan pemeriksaan dokumen perkawinan. Hal tersebut didasarkan pada beberapa faktor. Pertama adalah adat, kemudian yang kedua, masyarakat terlalu menyepelekan praktik pemeriksaan, masyarakat menganggap bahwa pemeriksaan merupakan hal formalitas saja. Yang ketiga adalah masyarakat sibuk bekerja. Karena faktor yang dipercayakan oleh masyarakat dan pihak KUA tersebut menyebabkan adanya kesalahan yang terjadi pada beberapa buku perkawinan. Adapun pemeriksaan dokumen yang dilakukan oleh modin tidak memiliki kesesuaian dengan PMA Nomor 20 Tahun 2019 dikarenakan yang seharusnya menjalankan pelaksanaan praktik pemeriksaan dokumen perkawinan tersebut adalah Pihak KUA/Penghulu/PPN LN, akan tetapi praktik pemeriksaan dokumen perkawinan yang terjadi di KUA Kecamatan Pohjentrek dilakukan oleh modin. Oleh karena itu, pelaksanaan Pasal 5 pada PMA Nomor 20 Tahun 2019 di KUA Kecamatan Pohjentrek tidak dijalankan sebagaimana mestinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzatunnisa', Aulianaaulianaizzatunisa89@gmail.com05020120038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadhifa, Nurul Asiyanurulasiya@uinsby.ac.id2023047502
Subjects: Aborsi
Aborsi

Hukum
Nikah
Perkawinan
Keywords: Perkawinan; pencatatan dokumen pernikahan; dokumen pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Auliana Izzatunnisa'
Date Deposited: 14 Apr 2024 11:01
Last Modified: 14 Apr 2024 11:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68996

Actions (login required)

View Item View Item