Analisis efisiensi, efektivitas, dan kontribusi pajak daerah: studi pada BPKPAD Kabupaten Bantul

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdulrahman, Qoim (2024) Analisis efisiensi, efektivitas, dan kontribusi pajak daerah: studi pada BPKPAD Kabupaten Bantul. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
QOIM ABDULRAHMAN_G72219065.pdf

Download (29MB)
[img] Text
QOIM ABDULRAHMAN_G72219065_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2027.

Download (29MB)

Abstract

Berlakunya otonomi daerah memberikan hak dan wewenang pemerintah daerah untuk mengurus dan mengatur sendiri urusan daerahnya berdasarkan undang-undang. Keuangan derah menjadi unsur penting dalam otonomi daerah. Pajak daerah adalah komponen penting dalam pendapatan asli daerah. Dalam beberapa tahun terakhir terdapat peningkatan pajak daerah di Kabupaten Bantul. Peningkatan pajak daerah harus diperoleh dengan efisien dan efektif. Sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efisiensi, efektivitas, dan kontribusi pajak daerah terhadap pendapatan asli daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Bantul pada tahun 2022. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder berupa yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi pajak daerah Kabupaten Bantul tahun 2022 sebesar 3,62% yang termasuk kriteria sangat efisien meskipun terjadi peningkatan biaya pengelolaan pajak daerah. Kemudian efektivitas pajak daerah tahun 2022 sebesar 108,02% yang termasuk kriteria sangat efektif yang didukung dengan efektifnya jenis-jenis pajak daerah. Dan kontribusi pajak daerah terhadap pendapatan asli daerah tahun 2022 sebesar 46,77% yang termasuk kriteria baik sekaligus menunjukkan bahwa pajak daerah memberikan kontribusi terbesar dibandingkan sumber pendapatan asli daeah yang lain. Saran yang diberikan peneliti kepada Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan Dan Aset Daerah Kabupaten Bantul yaitu tetap mempertahankan sekaligus meningkatkan pajak daerah agar dapat berkontribusi lebih terhadap pendapatan asli daerah dengan tetap memperhatikan efisiensi pajak daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdulrahman, Qoimqoimouza12@gmail.comG72219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Efisiesnsi; efektivitas; kontribusi; pajak daerah; pendapatan asli daearah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Qoim Abdulrahman
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:14
Last Modified: 19 Mar 2024 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68997

Actions (login required)

View Item View Item