Perilaku konsumsi fanbase tim esports Rex Regum Qeon (RRQ) cabang Surabaya dalam perspektif Masyarakat Konsumsi Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uno, Muhamad Adhitya Bintang Ramadhan (2024) Perilaku konsumsi fanbase tim esports Rex Regum Qeon (RRQ) cabang Surabaya dalam perspektif Masyarakat Konsumsi Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Adhitya Bintang Ramadhan Uno_10020320053 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhamad Adhitya Bintang Ramadhan Uno_10020320053 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menguraikan bentuk perilaku konsumsi penggemar dari tim esports Rex Regum Qeon serta motif yang menyertainya terkait pembelian merchandise tim RRQ. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yakni teori Masyarakat Konsumsi millik Jean Baudrillard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, bentuk perilaku konsumsi yang dilakukan oleh Kingdom Surabaya yakni mereka mengonsumsi pembelian barang berupa merchandise tim RRQ seperti jersey, kaos/t-shirts, dan poster sebagai dukungan kepada tim RRQ. Motif yang mendasari Kingdom Surabaya melakukan sejumlah pembelian merchandise yakni mempunyai kualitas desain dan bahan yang bagus, adanya pengalaman-pengalaman pribadi pada momen tertentu seperti membeli karena ajakan teman maupun dorongan dari lingkungan komunitas, sebagai penegas identitas agar masyarakat atau kawan sesamanya dapat melihat bahwa ia merupakan penggemar atau Kingdom sejati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uno, Muhamad Adhitya Bintang Ramadhanadhityaadit507@gmail.com10020320053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Game Online
Perilaku
Remaja, Gaya hidup
Konsumen
Keywords: Perilaku Konsumsi; Fanbase; Esport; Rex Regum Qeon (RRQ); Masyarakat Konsumsi Jean Baudrillard
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muhamad Adhitya Bintang Ramadhan Uno
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:45
Last Modified: 20 Mar 2024 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69022

Actions (login required)

View Item View Item