Akurasi perhitungan Gerhana Bulan menggunakan metode hisab kontemporer dalam kitab Tsimarul Murid karya Ali Mustofa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Fitri Ayu (2024) Akurasi perhitungan Gerhana Bulan menggunakan metode hisab kontemporer dalam kitab Tsimarul Murid karya Ali Mustofa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Ayu Wulandari_05020620019 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Fitri Ayu Wulandari_05020620019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini menanggapi dua rumusan masalah terkait perhitungan gerhana Bulan yang digunakan dalam kitab Tsimarul Murid serta akurasi waktu gerhana Bulan pada metode hisab kontemporer dalam kitab tersebut dengan menjadikan dokumentasi gerhana oleh NASA sebagai parameter uji akurasinya. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yakni metode penelitian library research atau studi kepustakaan dan metode penelitian field research. Sumber data primer dalam penelitian ini ialah Kitab Tsimaru Murid dan pengarangnya yaitu Bapak Ali Mustofa, S.Pd.I., sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah buku-buku terkait gerhana Bulan seperti Ilmu Falak Teori dan Praktik karya Muhyiddin Khazin serta literatur-literatur lainnya yang berhubungan dengan penelitian penulis, serta dokumentasi gerhana dalam website resmi NASA. Adapun pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode telaah pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian diolah oleh penulis dengan menganalisis data tersebut menggunakan metode deskriptif aritmatik. Hasil dari penelitian ini berdasar pada rumusan masalah yang dipaparkan penulis. Pertama, perhitungan atau hisab gerhana Bulan yang digunakan dalam kitab Tsimarul Murid ini termasuk dalam sistem hisab kontemporer yang mana rumus didalamnya disusun oleh pengarang dengan menjadikan kitab-kitab serta buku lain beserta tulisan karya Rinto Anugraha sebagai rujukan datanya. Kedua, tingkat akurasi terkait hisab gerhana Bulan dalam kitab Tsimarul Murid ini dinilai cukup akurat karena selisih yang dihasilkan tidak mencapai angka menit yang besar, yakni berkisar 0 sampai 2 menit saja. Berdasar pada kesimpulan tersebut, penulis menyarankan bahwa kitab Tsimarul Murid ini dapat digunakan sebagai acuan terkait hisab gerhana Bulan untuk khalayak umum, sebagaimana diketahui bahwa kitab tersebut memudahkan pembacanya karena berbahasa Indonesia. Namun juga terdapat kekurangan sebab tida disertai penjelasan terkait teori atau istilah-istilah di dalamnya. Penulis mengharapkan adanya perbaikan terhadap kita tersebut untuk dapat dilengkapi perihal penjelasan teori di dalamnya, sehingga pembaca yang awam pun dapat dengan mudah memahami isi dari kitab Tsimarul Murid ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Fitri Ayufitriayuwln20@gmail.com05020620019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Astronomi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Perhitungan Gerhana Bulan; metode hisab kontemporer; kitab Tsimarul Murid
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Fitri Ayu Wulandari
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:22
Last Modified: 20 Mar 2024 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69023

Actions (login required)

View Item View Item