Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PAI Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Edfiana, Sevina Putri (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PAI Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sevina Putri Edfiana_06030120066 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Sevina Putri Edfiana_06030120066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran diferensiasi dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Waru adalah suatu pendekatan pengajaran di mana pendidik menggunakan metode yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan individual dari setiap peserta didik. Kebutuhan tersebut mencakup aspek-aspek seperti pengetahuan, minat, gaya belajar, dan pemahaman terhadap mata pelajaran yang diajarkan. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas dan kesempatan untuk merespons kebutuhan siswa dengan memperhatikan tingkat kesiapan akademik, minat, dan profil pembelajaran yang beragam. Dengan melibatkan pembelajaran diferensiasi, peserta didik dapat meningkatkan potensi mereka secara lebih efektif. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa meningkatnya motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Waru dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus mengenai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran PAI Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menerapkan model analisis Miles dan Huberman dengan tahap kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan di SMP Negeri 2 Waru bahwa dalam upaya memenuhi kebutuhan peserta didik, strategi pembelajaran berdiferensiasi menjadi alternatif untuk membangkitkan motivasi belajar siswa di mana siswa dapat mengakses materi pelajaran sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan mereka. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dimulai dengan melakukan tes diagnosis awal untuk menilai tingkat kesiapan belajar, mengumpulkan data mengenai gaya belajar dan minat siswa untuk melakukan pemetaan, serta menyusun perangkat pembelajaran yang mengakomodir keberagaman peserta didik. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Waru menunjukkan adanya dampak berupa meningkatnya motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas belajar peserta didik, antusiasme peserta didik, hasil wawancara dengan peserta didik berupa semakin semangatnya peserta didik dalam belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Edfiana, Sevina Putrisevinaputriedfiana@gmail.com06030120066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Islam
Kurikulum
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; motivasi belajar; kurikulum merdeka; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SEVINA PUTRI EDFIANA
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:52
Last Modified: 20 Mar 2024 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69027

Actions (login required)

View Item View Item