Tradisi pembacaan surah Luqman dan Ibrahim: studi living Qur'an di Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosinta, Dewi (2024) Tradisi pembacaan surah Luqman dan Ibrahim: studi living Qur'an di Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Rosinta_07030320093 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Dewi Rosinta_07030320093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembacaan al-Qur’an telah memiliki berbagai model, seperti yang telah diketahui banyak sekali masyarakat muslim pada saat ini menerapkan pembacaan al-Qur’an dalam berbagai situasi dan kondisi seperti dalam pengobatan, mengusir jin dan lain sebagainya serta meyakini bahwa terdapat surah atau ayat al-Qur’an yang dapat memudahkan rezeki, mendatangkan keberkahan dan kemuliaan bagi pembacanya. Keyakinan tersebut akhirnya menciptakan kebiasaan membaca surah atau ayat tertentu pada waktu tertentu, baik secara pribadi ataupun bersama. Hal ini juga diterapkan oleh Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jombang yang menjadikan al-Qur’an sebagai wirid setelah shalat fardu. Mereka konsisten membaca surah Luqman dan Ibrahim setelah shalat mahgrib berjamaah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktik pembacaan surah Luqaman dan Ibrahim di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang, 2) Bagaimana pemaknaan pembacaan surah Luqman dan Ibrahim di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang. Adapun tujuan penelitian ini adalah unuk mendeskripsikan praktik pembacaan surah Luqman dan Ibrahim di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang serta menemukan makna didalamnya. Penelitian bersifat feild research dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis yang digunakan ialah sosiologi pengetahuan dari Karl Manheim. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam menyelesaikan penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun Sumber data diperoleh dari pengasuh, guru, dan santri di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an. Hasil dari penelitian ini adalah praktek pelaksanaan pembacaan surah Luqman dan Ibrahim di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang dilakukan ba’da shalat maghrib (ba’da salam qabla kalam) dan ditutup dengan shalawat Nariyah. Makna yang diperoleh terdiri dari tiga makna yakni makna objektif, ekspresif, dan dokumenter. makna objektif yang didapat ialah sebagai amaliyah pesantren yang wajib dilakukan. Makna ekpresif yang diperoleh dari para santri berbeda-beda, santri lebih memaknai pembacaan surah Luqman dan Ibrahim sebagai upaya mempermudah terkabulnya hajat pesantren khususnya dalam pembangunan. Makna dokumenter yaitu secara tidak disadari kegiatan ini telah menjadi adat atau budaya yang tak terlepaskan bagi para santri. Kata Kunci: Living Qur’an, Luqman dan Ibrahim, Karl Manheim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosinta, Dewisnt05221999@gmail.com07030320093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsa.ac.id0001614
Subjects: Pesantren
Al Qur'an
Keywords: Living qur’an; Luqman dan Ibrahim; Karl Manheim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Dewi Rosinta
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:56
Last Modified: 21 Mar 2024 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69040

Actions (login required)

View Item View Item