Tindakan suicide mahasiswa dalam media TikTok: kajian ma’ani al-hadis Bukhari no indeks 5671 dan perspektif psikologi Erikson

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Redha, Inaya Hartina (2024) Tindakan suicide mahasiswa dalam media TikTok: kajian ma’ani al-hadis Bukhari no indeks 5671 dan perspektif psikologi Erikson. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inaya Hartina Redha_07010520009 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Inaya Hartina Redha_07010520009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suicide merupakan tindakan bunuh diri yang sengaja dilakukan dirinya karena, dilatarbelakangi oleh permasalahan yang kompleks. Dalam tinjauan psikologi Erikson juga dipaparkan bahwa tindakan agresi dalam menyelesaikan masalah dapat dikarenakan konflik psikososialHadis Bukhari nomor indeks 5671 memaparkan bahwa agar tidak berorientasi kepada kematian ketika seseorang dihadapkan oleh masalah. Dari fakta tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana kualitas kehujjahan dan kehujjahan hadis riwayat Bukhari no indeks 5671?, bagaimana pemaknaan hadis riwayat Bukhari no indeks 5671? serta bagaimana relevansi hadis larangan mengharapkan kematian dalam tindakan suicide mahasiswa dan perspektif psikologi Erikson?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model penelitian library research berupa literatur bahasa Arab maupun Indonesia yang relevan dan field research berupa konten berita TikTok sebagai data penunjang. Adapun hasil penelitian ini adalah hadis tersebut berkualitas shahih dan dapat dijadikan hujjah. Kedua, terdapat larangan tegas mengharapkan kematian jika seseorang ditimpa musibah duniawi, adapun doa yang dipaparkan dalam hadis dikhususkan kepada orang yang khawatir akan masalah akhirat. Ketiga, hadis Bukhari nomor indeks 5671 berkaitan dengan tindakan bunuh diri yang rentan mengalami konflik psikososial seperti krisis identitas sehingga egosentrisme lebih diutamakan dalam penyelesaian permasalahan, di balik itu, self esteem juga berperan besar dalam pengendalian pola pikir yang dimiliki seseorang ketika menghadapi masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Redha, Inaya Hartinanayainaya905@gmail.com07010520009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFathoniz, Zakkafathoniz.z@uinsa.ac.id2019128402
Subjects: Internet
Hadis
Keywords: Suicide; TikTok; psikologi Erikson
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Inayah Hartina Redha
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:24
Last Modified: 25 Mar 2024 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69045

Actions (login required)

View Item View Item