Penggunaan Islamic Art Therapy sebagai Self Healing: studi fenomenologi terhadap kontribusi bidang kaligrafi ikatan qori' qoriah mahasiswa (IQMA) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuriyyah, Habibatun (2024) Penggunaan Islamic Art Therapy sebagai Self Healing: studi fenomenologi terhadap kontribusi bidang kaligrafi ikatan qori' qoriah mahasiswa (IQMA) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habibatun Nuriyyah_07020620030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Habibatun Nuriyyah_07020620030 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang konsep penggunaan islamic art therapy sebagai self healing. Menjadi kajian yang aktraktif karena pada penelitian ini mengangkat mahasiswa yang berfokus pada bidang kaligrafi dalam Ikatan Qori’ Qoriah Mahasiswa (IQMA) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kajian pada penelitian ini menjawab atas pertanyaan 1) Bagaimana Islamic Art Therapy digunakan sebagai Self Healing? 2) Bagaimana kontribusi IQMA UINSA dalam penggunaan kaligrafi sebagai metode Self Healing?. Penelitian mengaplikasikan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Melalui metode wawancara dan observasi, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa islamic art therapy dapat diaplikasikan sebagai self healing yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, khususnya yang bergelut dalam dunia kaligrafi. Pada prosesnya, terdapat pembiasaan-pembiasaan diri yang harus dilakukan agar rasa yang ditumbuhkan terwujud lebih optimal. Kontribusi yang dilakukan tergambar dalam peran kaligrafi yang keindahannya dapat dimanfaatkan sebagai media pengembalian energi positif, pengendalian emosional, dan pemaknaan esensi nilai-nilai Al-Qur’an yang dilukis. Terlepas akan hal itu, pengaplikasian nilai-nilai Al-Qur’an oleh para seniman mampu menekankan terhadap pemahaman dan pemaknaan kehidupan sesuai dengan firman-firman Allah yang terlukis dalam karya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa melukis ayat-ayat Al-Qur’an dapat mengenalkan hakikat Tuhan yang Maha Kuasa agar mendapatkan ketenangan jiwa dan memunculkan rasa tentram dalam jiwa seniman ataupun mahasiswa penikmat karya yang notebene tentu memiliki problematika di bangku perkuliahan. Oleh karenanya, kaligrafi dapat dijadikan pilihan untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk aktivitas perkuliahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuriyyah, Habibatunhabibatun.nuriyah22@gmail.com07020620030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Psikoterapi
Self confidence
Psikologi > Self Regulated Learning
Tasawuf
Keywords: Islamic Art Therapy; Self Healing; Kaligrafi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Habibatun Nuriyyah
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:03
Last Modified: 21 Mar 2024 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69054

Actions (login required)

View Item View Item